Cara mengatasi Wifi terhubung tidak ada internet lengkap dan berhasil

wifi tersambung tidak ada internet

Seringkali kita mengalami masalah Wifi terhubung tapi tidak ada internet. Saya pun juga mengalami hal yang sama. Tentu hal ini sangat menggangu. Apalagi jika kita sedang menggunakan wifi untuk kebutuhan yang penting.

Jika kamu juga mengalami hal serupa yaitu Wifi tersambung tapi tidak ada internet. Kamu bisa membaca artikel yang saya tulis dibawah ini. Tutorial ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. langsung saja kita lanjutkan pembahasannya.

Penyebab Wifi terhubung tidak ada internet

Wifi adalah sebuah jaringan nirkabel yang menghubungkan perangkat seperti smartphone ataupun komputer agar terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel. Teknologi ini sudah sangat populer dan digunakan di seluruh dunia.

Namun dibalik kecanggihan teknologinya, wifi juga bisa mengalami gangguan. Gangguan yang terjadi bisa bermacam-macam, salah satunya adalah WiFi terhubung tapi tidak ada internet.

Berikut ini adalah gambaran ilustrasi penyebab wifi tersambung tapi tidak ada internet. Saya tunjukkan gambar ilustrasinya dibawah ini.

Gambaran ilustrasi wifi terhubung tidak ada internet
Ilustrasi gambaran penyebab wifi tidak ada internet

Dari gambar diatas, penyebab sederhana WiFi terhubung tapi tidak ada internet adalah terputusnya sambungan dari router kepada akses internet atau provider. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal. Kita akan membahasnya dibawah ini.

Faktor penyebab wifi tidak ada Internet

Wifi tidak ada internet ( no internet )

Seringkali jaringan wifi juga mengalami berbagai kendala yang sering kita temui saat menggunakannya. Salah satunya adalah wifi yang terhubung namun tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Ada beberapa penyebabnya, berikut ini penjelasannya:

1. Sinyal Wifi Lemah

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah sinyal wifi lemah. Hal ini bisa terjadi karena jarak antara router dan perangkat yang tersambung terlalu jauh. Atau bisa disebabkan karena terhalang oleh benda padat seperti tembok, beton dan lain-lain.

Berapa jarak jangkauan Wifi?.

Perlu diketahui bahwa sinyal wifi dengan gelombang frekuensi 2.4 Ghz bisa menjangkau hingga 45 meter. Namun jarak tersebut berlaku jika tidak ada penghalang. Karena sinyal wifi tidak bisa menembus benda padat.

Untuk itu, kamu bisa mengecek apakah perangkat yang tersambung wifi berada jauh dari router atau terhalang oleh tembok. Jika perangkat sudah berada dekat dengan router namun tetap tidak ada internet. Mungkin ada penyebab lain.

2. Ada Masalah Pada Router

Penyebab lain wifi tidak ada internet adalah terdapat masalah pada router. Router adalah alat untuk menghubungkan internet kepada perangkat yang terambung. Umumnya router WiFi menyala terus-menerus dalam waktu yang lama.

Berbagai kendala pada router wifi

Penyebab lain wifi tidak ada internet adalah terdapat masalah pada router. Router adalah alat untuk menghubungkan internet kepada perangkat yang terambung. Umumnya router WiFi menyala terus-menerus dalam waktu yang lama.

Terkadang router wifi juga mengalami berbagai kendala atau kerusakan yang menyebabkan WiFi tidak ada internet. Seperti:

  • Router terlalu panas ( overheat)
  • Router wifi rusak
  • kabel longgar dan sebagainya.
  • Router perlu di restart

Untuk itu, cobalah memeriksa apakah router wifi milikmu mengalami kerusakan atau tidak. 

3. Maintenance pada provider wifi

Penyebab wifi tidak ada internet

Penyebab lainnya adalah sedang ada maintenance pada provider wifi yang kamu gunakan. Hal ini sering terjadi karena mungkin provider wifi sedang memperbaiki masalah ataupun sedang dalam pemeliharaan sistem.

4. Cuaca buruk menyebabkan jaringan internet terhambat

Hal lain yang bisa saja menjadi penyebab wifi tidak ada internet adalah sedang terjadi cuaca buruk disekitar rumah anda.

Umumnya terjadi pada WiFi yang menggunakan mikrotik untuk menangkap sinyal terhambat karena sedang terjadi cuaca buruk seperti hujan deras dan lain-lain.

5. Kuota Wifi habis atau melebihi batas penggunaan

Salah satu penyebab wifi tersambung tapi tidak ada internet adalah kuota Wifi habis atau melebihi batas penggunaan. Hal ini sering terjadi karena terdapat banyak perangkat yang tersambung dan menggunakan cukup banyak data internet. 

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Internet

Cara mengatasi wifi tersambung tidak ada internet

Setelah mengetahui beberapa penyebab wifi tidak ada internet, sekarang kita akan membahas cara mengatasinya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi wifi tidak ada internet. Berikut ini saya akan membagikan caranya kepada teman-teman pembaca semua.

Beberapa cara yang saya tuliskan dibawah ini bisa teman-teman coba sesuai dengan kendala yang dialami masing-masing.

1. Me-restart Ulang Router

Cara mengatasi wifi tidak ada internet

Cara yang pertama adalah kamu perlu melakukan restart pada router. Umumnya dengan cara restart router, masalah WiFi tidak ada internet bisa langsung teratasi.

Cara restart router:

Secara sederhana untuk me-restart router adalah dengan mematikan router dan juga modem. Lalu tunggu sekitar 30 detik, lalu nyalakan kembali router dan modemnya. Jika lampu indikator pada router menyala hijau, maka jaringan wifi sudah kembali normal.

Apakah semudah itu mengatasi wifi tidak ada internet?.

Iya, dalam kondisi tertentu dengan cara restart router jaringan wifi akan kembali normal. Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa router umumnya menyala terus-menerus, hal itu bisa menyebabkan router mengalami kendala. Dengan me-restart router, akan membuat sistem kerja router kembali normal.

2. Mode pesawat

Cara yang kedua adalah dengan menyalakan mode pesawat pada perangkat smartphone milikmu. Lalu tunggu beberapa saat, dan matikan kembali mode pesawat.

Biasanya setelah melakukan cara ini, smartphone akan otomatis menyambung wifi pada router, dan umumnya koneksi wifi akan kembali normal.

3. Masukkan kembali password wifi

Cara yang ketiga adalah dengan memasukkan kembali password wifi. Berikut ini caranya:

Cara mengatasi wifi tidak ada internet

  1. Aktifkan wifi pada HP
  2. Pilih jaringan wifi yang tersambung
  3. Pilih lupakan jaringan wifi
  4. Lalu kembali sambungkan wifi
  5. Masukkan kembali password wifi
  6. Wifi tersambung. Selesai.

4. Restart perangkat yang digunakan

Terkadang kendala yang bisa saja terjadi ketika wifi tersambung tapi tidak ada internet adalah berasal dari perangkat yang kita gunakan. Bisa jadi mengalami kendala saat menerima sambungan WiFi dari router.

Solusinya adalah dengan melakukan restart pada perangkat yang kamu digunakan seperti smartphone ataupun komputer. Setelah di restart, biasanya sistem pada perangkat akan kembali normal, begitu juga pada sambungan wifi.

5. Cek kuota wifi

Seperti yang saya tuliskan diatas mengenai penyebab wifi tidak ada internet adalah kuota Wifi habis atau melebihi batas penggunaan. Bisa jadi kamu lupa untuk isi kuota atau membayar tagihan penggunaan wifi.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu melakukan cek apakah masih ada kuota Wifi dan mengisi atau membayar tagihan wifi agar wifi dapat kembali tersambung ke jaringan internet.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak ada internet. Teman-teman pembaca semua dapat mencoba beberapa cara yang saya tuliskan diatas.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua, baca artikel lain di blog ini dan bagikan agar lebih bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.