Hal penting tentang Investasi Saham yang sering ditanyakan

Tentang Investasi Saham

F.A.Q Tentang Investasi Saham – Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai mengenal apa itu Investasi. Salah satunya yang cukup menarik minat masyarakat adalah tentang Investasi Saham. Bahkan masyarakat luas pun sering menamai Investasi Saham dengan istilah “Main saham“.

Meski kurang tepat jika dinamai dengan istilah “main saham“. Karena sejatinya aktivitas Investasi bukanlah hal main-main. Tapi setidaknya masyarakat mulai mengenal dan menyadari apa itu Investasi dan bagaimana cara mencari keuntungan dari investasi.

Setidaknya dari istilah Main saham yang cukup populer itu, bisa membuat masyarakat menjadi tertarik dan mulai mempelajari seluk beluk tentang Investasi Saham. Dan pada akhirnya akan membuat masyarakat menjadi semakin tertarik untuk memulai investasi.

F.A.Q yang sering ditanyakan oleh Investor pemula tentang Investasi Saham

Berikut ini beberapa rangkuman tentang berbagai hal yang sering ditanyakan oleh Investor pemula tentang Investasi Saham. 

1. Apa Itu Pasar Modal?

Pertanyaan diatas sering kali ditanyakan oleh pemula yang baru mengetahui tentang Investasi Saham. 

Secara sederhana, pasar modal adalah seperti sebuah pasar pada umumnya yaitu sebagai tempat jual beli. Namun yang dijual belikan adalah berupa saham / surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan suatu perusahaan.

2. Apa tujuan investasi saham?.

Investasi saham bertujuan untuk memperoleh keuntungan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sama seperti prinsip dasar dalam jual beli, saat kita melakukan investasi. Tentu kita berharap membeli saat harga saham turun dan menjualnya ketika harga saham naik.

Ada juga yang berinvestasi saham untuk mengamankan harta kekayaan dari kenaikan inflasi. Pada akhirnya Investasi dilakukan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

3. Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari investasi saham?.

Umumnya yang dilakukan oleh Investor saham, mereka mengambil keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli. Namun ada juga yang mengambil keuntungan dari pembagian dividen.

Investasi saham jangka panjang biasanya akan memberikan keuntungan yang lebih besar daripada Investasi jangka pendek. Tapi hal tersebut tergantung dari kinerja perusahaan saham tersebut.

4. Bagaimana Cara Investasi Saham?

Saat ini kita sudah dimudahkan dalam segala hal. Salah satunya dalam kegiatan investasi. Untuk memulai investasi saham, kamu hanya perlu mendaftar di platform investasi saham. Ada banyak sekali platform investasi di Indonesia yang bisa kamu pilih untuk berinvestasi. Kamu bisa memilih salah satunya.

5. Berapa modal minimal untuk Investasi Saham?.

Untuk saat ini, kamu bisa memulai investasi saham hanya bermodalkan 100 ribu saja. Bahkan sekarang ada banyak platform investasi yang memberikan kemudahan untuk Investasi Saham dengan modal kecil.

Kesimpulan

Itulah beberapa pertimbangan yang sering ditanyakan oleh Investor pemula tentang Investasi Saham. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua. Jika kamu memang tertarik untuk Investasi. Sebaiknya kamu perlu mempelajari berbagai hal tentang Investasi Saham.

Sehingga nantinya kamu mempunyai pengetahuan yang cukup untuk memulai investasi. Kamu bisa mempelajari tentang Investasi melalui artikel yang sudah saya tulis di blog ini. Terimakasih sudah membaca.