Cara mencegah dan menghindari penipuan investasi bodong

Cara menghindari Investasi bodong

Mencegah tertipu Investasi bodong – Investasi bodong adalah salah satu bentuk penipuan investasi yang sangat meresahkan dan banyak memakan korban. Sebagian besar korbannya adalah para investor pemula yang memang belum begitu memahami tentang dunia investasi. Sehingga hal ini sangat merugikan dan membuat citra Investasi menjadi buruk.

Ada banyak sekali berita yang beredar di masyarakat bahwa ternyata cukup banyak yang menjadi korban penipuan investasi bodong. Jelas hal ini menjadi tanda tanya besar kenapa masih banyak yang tertipu Investasi bodong. Untuk itu diperlukan yang namanya edukasi kepada masyarakat agar lebih memahami apa itu Investasi. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya penipuan investasi bodong.

Maka dari itu, melalui artikel ini saya akan membagikan tips-tips untuk menghindari dan mencegah terjadinya Investasi bodong. Agar nantinya masyarakat dan khususnya Investor pemula dapat lebih memahami dan dapat terhindar dari penipuan investasi bodong.

Mengenal apa itu Investasi?.

Sebelum lanjut ke inti pokok pembahasan, sebaiknya kamu perlu memahami dan Mengenal apa itu investasi. Investasi adalah suatu aktivitas transaksi yang berupa penanaman modal di suatu perusahaan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan atau imbal hasil. Investasi berfungsi untuk meningkatkan pendapatan secara pasif. 

Konsep Investasi sama seperti prinsip dasar ekonomi. Yaitu sama-sama bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Uang yang kamu berikan kepada perusahaan akan digunakan untuk mengembangkan usaha perusahaan tersebut. Ketika perusahaan itu untung, maka kamu juga akan mendapatkan keuntungan sekian persen sesuai dengan modal yang dikeluarkan.

Tips mencegah dan menghindari penipuan investasi bodong

Saat ini para pelaku penipuan investasi bodong kian merebak. Mereka memanfaatkan ketidaktahuan para investor pemula yang ingin mendapatkan keuntungan besar dari investasi. Tak jarang banyak yang tertipu, alih-alih mendapatkan keuntungan. Justru malah mengalami kerugian. Untuk menghilangkan penipuan investasi bodong, berikut ini tips-tips yang dapat kamu lakukan.

1. Bersikap skeptis atau mencurigai setiap mendapat tawaran investasi

Ciri-ciri investasi bodong biasanya menawarkan imbal hasil atau keuntungan yang sangat besar. Dan terkadang tidak masuk akal dalam hitungan matematika sederhana. Untuk itu kamu perlu menghitung kembali dan memperkirakan potensi keuntungan yang rasional dalam sebuah Investasi.

Meskipun tidak semua Investasi yang memberikan keuntungan besar itu termasuk Investasi bodong. Tapi sebagian besar Investasi bodong memang mempunyai ciri-ciri tersebut. 

2. Mengecek legalitas perusahaan investasi

Tips berikutnya adalah memeriksa apakah perusahaan investasi tersebut sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau BAPPEBTI.

Perlu diketahui, setiap lembaga atau produk keuangan yang menghimpun dana masyarakat dan pengelolaan investasi harus mengantongi izin resmi dari instansi terkait dan berwenang. Jika perusahaan investasi tidak terdaftar di OJK dan BAPPEBTI, kamu perlu waspada bisa jadi perusahaan tersebut merupakan perusahaan investasi bodong.

3. Hindari jika ragu

Tips yang ketiga adalah menolak ajakan Investasi oleh seseorang atau perusahaan apabila kamu merasa ragu dengan progam atau Instrumen investasi yang ditawarkan. Hal ini sangat penting untuk kedepannya. 

Pilihlah investasi yang aman dan sudah terdaftar di OJK dan BAPPEBTI. Serta pilih investasi yang kamu sendiri memahami alur dan konsep Investasi yang ditawarkan. Sehingga kamu memahami potensi keuntungan dan resiko yang akan terjadi.

4. Pahami mekanisme dan konsep Investasi

Umumnya produk investasi yang resmi mempunyai mekanisme cara kerja dan pembagian keuntungan yang jelas. Bahkan perusahaan yang resmi juga memberi tahu apa saja resiko yang dapat terjadi. Hal itu sudah tertulis lengkap dan jelas pada halaman perjanjian antara perusahaan dan Investor.

Sebaliknya, perusahaan investasi bodong biasanya tidak memberikan keterangan jelas tentang mekanisme dan konsep Investasi yang ditawarkan. Serta hanya memberikan potensi keuntungan yang terkesen dilebih-lebihkan dan tidak masuk akal.

5. Menaruh dana investasi dengan tepat

Apabila kamu ragu dan kurang memahami mekanisme dan konsep Investasi yang ditawarkan. Sebaiknya kamu memilih Instrumen Investasi yang jelas. Seperti Investasi pada sektor riil. Contohnya seperti tanah, emas, rumah dan lain-lain.

Investasi di sektor riil sudah terbukti aman dan minim resiko. Kamu sebaiknya fokus dan memilih Investasi sektor riil.

Kesimpulan

Itulah artikel mengenai cara menghindari penipuan investasi bodong. Sebagai investor pemula, sebaiknya kamu perlu belajar dan memahami semua hal tentang Investasi. Kamu dapat membaca artikel tentang Investasi di dalam blog ini. Demikian semoga bermanfaat.