Peluang usaha kuliner cilok modal kecil untung besar

Peluang usaha cilok

Peluang usaha cilok – Salah satu usaha kuliner yang tidak kalah menguntungkan adalah jualan cilok. Cilok merupakan jajanan yang banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat. Karena enak, harga terjangkau dan cocok dinikmati bersama sahabat atau keluarga. Maka dari itu, usaha cilok merupakan usaha yang potensial dan menguntungkan.

Hampir semua kalangan menyukai jajanan cilok, sehingga pangsa pasar cilok sangatlah luas. Menjangkau semua kalangan usia. Selain itu, usaha cilok juga tidak memerlukan modal yang besar.

Kenapa harus usaha cilok?.

Bagi yang tertarik atau ingin memulai usaha cilok. Tentu perlu memerhatikan beberapa hal sebelum memulai usahanya. Usaha cilok merupakan salah satu usaha yang tidak ada matinya. Maksudnya usaha yang evergreen, tidak musiman.

pulang usaha cilok dan keuntungannya

Usaha cilok juga bisa dikembangkan dengan cara membuka banyak cabang di titik lokasi yang strategis. Sehingga usaha cilok bisa berkembang dan mendatangkan keuntungan yang besar.

Cara memulai usaha cilok

Bagi yang ingin memulai usaha cilok, berikut ini langkah-langkah untuk membuka usaha cilok yang perlu kamu ketahui.

1. Paham resep dan cara membuat cilok yang enak

Awal mula orang memulai usaha kuliner, kebanyakan adalah mereka yang memang punya ketertarikan dibidang kuliner. Kamu perlu melakukan ujicoba membuat cilok dan meminta pendapat teman-teman atau keluarga apakah cilok buatan kamu enak atau ada yang kurang. Jika rata-rata dari mereka menjawab enak, kamu bisa memulai untuk usaha cilok.

Kenapa harus demikian, karena dalam usaha kuliner seperti cilok. Tentu harus memperhatikan kualitas dan rasa produk yang dijual. Ini penting untuk kelangsungan usaha kamu nantinya. Jika cilok buatan kamu enak, tentu akan membuat banyak pelanggan yang ketagihan untuk terus membeli.

2. Menyiapkan modal usaha cilok

Hal selanjutnya adalah menyiapkan modal. Usah cilok merupakan salah satu usaha yang tidak memerlukan modal yang besar. Lalu berapa modal diperlukan untuk membuka usaha cilok?. Berikut ini beberapa perhitungannya.

Modal Awal Usaha Cilok

  • Gerobak dorong Rp. 1.000.000
  • Spatula Rp. 25.000
  • Garpu Rp. 10.000
  • Botol saos, kecap & sambal : Rp. 30.000
  • Dandang bakso mini Rp. 300.000
  • Kompor kecil Rp. 200.000
  • Gas 3 kg Rp. 250.000
  • Serbet Rp. 15.000

Total modal awal untuk membuka usaha cilok adalah ± Rp. 1.800.000,-           

Modal operasional usaha cilok

Selanjutnya untuk modal operasional usaha cilok adalah sebagai berikut

  • Tepung terigu Rp. 1.000.000
  • Tepung kanji Rp. 400.000
  • Bumbu-bumbu Rp. 200.000
  • Saus sambal Rp. 200.000
  • Kecap Rp. 100.000
  • Tusuk sate Rp 100.000

Total modal untuk operasional usaha cilok adalah ± Rp. 2.000.000,-.

Jika dijumlahkan keseluruhan modal yang diperlukan untuk membuka usaha cilok adalah ± Rp. 3.800.000,-. Perhitungan modal diatas hanya sebatas gambaran saja, bisa lebih besar dari yang saya tuliskan diatas atau bahkan lebih kecil.

3. Memulai berjualan

Tahap selanjutnya adalah memulai usaha cilok. Sebelumnya kamu bisa melakukan survei lokasi yang akan digunakan untuk berjualan. Biasanya lokasi yang strategis dan potensial untuk usaha cilok adalah di dekat perempatan jalan, dipinggir jalan besar, sekitar sekolah dan lain-lain.

Kamu juga bisa menjual click dengan cara berkeliling dari desa satu ke desa lainnya. Dan mengetem sesekali di tempat yang ramai. Sehingga nantinya produk jualan kamu dapat terjual habis.

Menghitung Keuntungan Usaha Cilok

Berapa keuntungan jualan cilok?.

Berikut ini rincian sederhana dalam menghitung keuntungan dalam usaha cilok per bulan.

Misalnya jika dalam 1 hari kamu bisa menjual cilok memperoleh pendapatan sebesar Rp. 200.000. Maka dalam 1 bulan kamu bisa mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 6.000.000,-.

Lalu dikurangi modal untuk operasional dalam 1 bulan yang sebesar Rp. 2.000.000,- maka total keuntungan bersih dalam usaha cilok adalah Rp. 4.000.000,-. Sehingga jika dengan perhitungan seperti itu, maka untuk bisa balik modal hanya memerlukan waktu 1 bulan.

Kesimpulan

Usaha cilok merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Karena tidak memerlukan modal yang besar, reriko yang kecil serta keuntungan yang didapat lumayan besar. Buat kamu yang mencari ide atau peluang usaha kuliner, tidak ada salahnya untuk membuka usaha cilok.

Demikian artikel mengenai peluang usaha cilok. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua yang sedang mencari ide usaha. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu. Kamu mencari ide peluang usaha lainnya di blog Mysatria.com terimakasih.