Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang usaha arang kayu yang menguntungkan

peluang usaha arang kayu

Peluang Usaha Arang Kayu –Tinggal di desa adalah sebuah keuntungan tersendiri. Jika kita kreatif dan bisa melihat peluang. Tentu ada banyak sekali ide peluang usaha yang sangat menjanjikan, salah satunya adalah peluang usaha arang kayu.

Arang kayu merupakan salah satu bahan bakar untuk memasak. Arang kayu saat ini banyak digunakan oleh para pedagang sate, bakso bakar, pedagang angkringan, bakso dan lain-lain. Arang kayu juga banyak digunakan pada momen tertentu seperti momen idul adha, banyak yang membutuhkan arang kayu untuk membuat sate.

Kenapa harus usaha arang kayu?

Melihat permintaan pasar yang sangat tinggi terhadap arang kayu. Serta fakta di lapangan ternyata masih sedikit yang menjadi produsen arang kayu. Tentu hal ini menjadi ide peluang usaha yang menjanjikan, dan berpotensi untuk sukses. Mengingat harga pasaran arang kayu terbilang stabil dan cenderung naik setiap tahunnya.

Dalam hal distribusi arang kayu juga sangat mudah, kamu bisa menawarkan kepada pengepul atau langsung kepada pedagang yang membutuhkan arang kayu. Kamu juga bisa menjualnya di pasar. Dari hasil wawancara kepada produsen arang kayu, kebanyakan mereka menjualnya kepada pengepul setiap 2 minggu sekali. Itupun pengepul yang mengambil sendiri arang kayu menggunakan mobil pickup.

Cara memulai usaha arang kayu

Peluang usaha arang kayu
Melihat permintaan pasar yang sangat tinggi, cara mendistribusikan serta bahan baku yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan. Usaha arang kayu wajib kamu coba, namun sebenarnya kamu perlu mempelajari tentang seluk-beluk usaha arang kayu itu sendiri. Maka dari itu, melalui artikel ini saya akan membahasnya untuk teman-teman pembaca semua.

1. Mendapatkan bahan Baku

Bahan baku utama dalam pembuatan arang adalah kayu. Namun perlu diperhatikan, bahwa kita perlu mencari jenis kayu yang baik dan cocok untuk dijadikan arang. Walaupun pada dasarnya semua jenis kayu bisa dijadikan arang, tapi sebaiknya kamu memilih jenis kayu yang bertekstur padat dan kuat sehingga arang yang dihasilkan berkualitas bagus dan tidak cepat habis dibakar.

2. Menentukan proses pembuatan

Hal selanjutnya adalah menentukan proses pembuatan arang kayu. Hal ini penting, karena berkaitan dengan jenis tungku pembakaran yang akan digunakan dalam proses pembuatan arang kayu. 

Ada banyak jenis tungku pembakaran arang kayu, seperti menggunakan tong bekas, tungku besar dengan batu bata dan sebagainya. Pilih jenis tungku pembakaran sesuai dengan modal dan kapasitas produksi. Setiap jenis tungku pembakaran, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3. Cara memasarkan atau menjual arang kayu

Ada banyak strategi pemasaran untuk menjual arang kayu. Diantaranya adalah kamu bisa menjual kepada pengepul atau distributor arang kayu. Menjual langsung ke toko perabotan, atau menjual langsung ke pedagang yang membutuhkan arang kayu. Dalam segmen yang lebih luas, kamu juga bisa melakukan ekspor arang kayu ke negara lain, tentunya kamu harus selalu menjaga dan memperhatikan kualitas produk arang kayu milikmu.

4. Menjaga Kualitas arang kayu

Agar sukses dalam menjalankan bisnis, tentu harus memperhatikan kepuasan konsumen. Dalam hal ini adalah menjaga kualitas arang kayu yang kamu produksi. Menjaga kualitas arang kayu terbaik, berguna untuk menjaga kepercayaan konsumen untuk terus membeli arang kayu yang kamu produksi.

Jangan sekali-kali menggunakan bahan baku yang jelek. Memang inovasi itu sangat diperlukan. Namun jika kamu sudah mendapatkan bahan baku yang berkualitas baik, sebaiknya pertahankan hal itu untuk kelangsungan usaha milikmu.

Modal Awal usaha arang kayu

Dalam membuka usaha pembuatan arang kayu. tentu memerlukan modal untuk membuat tungku pembakaran, membeli alat-alat yang diperlukan, serta membeli bahan baku pembuatan arang kayu itu sendiri. Berikut ini perhitungan modal yang diperlukan untuk membuka usaha arang kayu.

Tungku pembakaran: Rp. 1.500.000

Peralatan lain: Rp. 500.000

Pembelian bahan baku : Rp. 1.000.000

Total modal : Rp 3.000.000

Perhitungan modal diatas hanya sebatas gambaran, total modal yang diperlukan untuk membuka usaha arang kayu mungkin lebih besar atau lebih sedikit dibandingkan dengan perhitungan diatas. Kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi aktual di lapangan saat akan membuka usaha pembuatan arang kayu.

Kesimpulan

Bisnis atau usaha arang kayu ini masih sangat potensial dan masih jarang pesaing. Sehingga bisnis ini bisa berpotensi sukses. Usaha ini juga sangat cocok untuk kamu yang tinggal di pedesaan dan memiliki lahan yang luas. Sehingga sangat mudah untuk mendapatkan bahan baku.

Demikian artikel mengenai peluang usaha arang kayu yang saya bagikan untuk teman-teman pembaca semua. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba, semoga sukses.