Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 cara efektif mengatasi RAM dan penyimpanan HP penuh

Cara mengatasi RAM HP penuh
Cara mengatasi RAM HP penuh - Ketika akan mendownload aplikasi ataupun data lalu muncul peringatan bahwa RAM & penyimpanan penuh. Tentu itu akan sangat menganggu. Terlebih lagi apabila kita memang sedang membutuhkan mendownload aplikasi tersebut untuk keperluan tertentu.

Cara mengatasi RAM HP penuh yang wajib kamu ketahui agar HP tidak lemot. Walaupun memang saat ini sudah banyak HP yang menyediakan RAM besar. Tapi tetap saja terkadang HP mengalami RAM dan penyimpanan penuh. 

Keuntungan membersihkan RAM dan penyimpanan HP

Ketika smartphone untuk digunakan dan terhubung dengan jaringan internet, mau tidak mau akan tetap mengalami penyimpanan dan RAM yang penuh. Hal ini terjadi memang seperti itu sistem HP bekerja dengan lalu lintas data yang sangat tinggi.

Hal itu akan membuat RAM HP menjadi penuh dan lama kelamaan akan membuat HP penuh dengan sampah atau cache yang membuat lemot dan tak bertenaga. Untuk itu perlu dilakukan pembersihan agar RAM HP menjadi lega. Membersihkan RAM HP juga akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih cepat dan stabil.

Cara mengatasi RAM HP dan penyimpanan penuh

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan RAM dan penyimpanan HP.

1. Membersihkan Cache dan Data Secara Berkala

HP yang digunakan terus menerus, akan menyebabkan banyak sampah atau cache yang menumpuk di sistem penyimpanan smartphone. Hal ini akan menyebabkan HP menjadi lemot dan bekerja lebih berat dari biasanya.

Selain itu juga akan membuat HP menjadi cepat panas. Untuk itu, kamu perlu membersihkan Cache secara berkala, bisa setiap 1 Minggu sekali atau setiap hari akan jauh lebih baik. Ram yang bersih dari cache, akan membuat HP bekerja secara optimal.

2. Mendownload Aplikasi RAM Manager

Cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi RAM manager. Aplikasi ini berfungsi untuk memanagemen RAM atau penyimpanan HP. serta akan memberikan peringatan apabila sampah atau cache sudah menumpuk.

Aplikasi ini akan sangat berguna untuk membantu mengelola RAM dan ruang penyimpanan pada HP. Menjaga HP tetap bersih dari sampah yang menumpuk. Bermanfaat untuk menjaga smartphone dalam keadaan optimal.

3. Menggunakan Aplikasi Booster

Aplikasi ini berfungsi sama seperti RAM manager yaitu untuk membersihkan RAM dan ruang penyimpanan. Hanya saja aplikasi ini memiliki keunggulan tersendiri dengan hanya 1x klik kamu membersihkan ruang penyimpanan dengan cepat tanpa perlu repot-repot menghapus satu persatu.

4. Menghapus dan menoaktifkan Aplikasi Tidak Penting

Cara yang keempat adalah hapus dan nonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai. Misalnya aplikasi bawaan dari smartphone itu sendiri yang banyak menghabiskan ruang penyimpanan pada HP. 

Jika tidak ingin menghapus aplikasi, kamu bisa memilih untuk menonaktifkan saja. Cara ini juga bisa membantu melegakan ruang penyimpanan pada smartphone. 

5. Memindahkan data aplikasi ke Memori Eksternal

Agar tidak terlalu membebani RAM dan kinerja HP. Sebaiknya kamu pindahkan data aplikasi ke kartu SD. Caranya pun sangat mudah yaitu sebagai berikut.

  1. Klik Pengaturan
  2. Pilih manager aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang akan dipindahkan datanya
  4. Klik pindah ke kartu SD

6. Tidak memasang Live Wallpaper dan Animasi

Memasang Live wallpaper dan animasi pada smartphone memang membuat tampilan HP menjadi lebih menarik. Namun hal itu memiliki kelemahan yaitu membuat RAM HP menjadi penuh. Untuk itu, demi kinerja HP yang optimal kamu sebaiknya tidak memasang Live wallpaper seperti itu. Pakai saja wallpaper yang standar saja.

7. Melakukan restart HP

Cara yang terakhir yang bisa kamu coba adalah melakukan restart HP. Sesekali kamu perlu melakukan restart smartphone untuk membersihkan dan menghentikan sistem yang terus menerus bekerja. HP yang setelah di restart akan memiliki kinerja yang lebih baik daripada sebelum di restart.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara mengatasi RAM dan penyimpanan HP penuh. Kamu bisa mencoba cara diatas untuk membersihkan ruang penyimpanan HP milikmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.