Cara mengambil keuntungan dalam Investasi Saham

Cara mengambil keuntungan dalam Investasi Saham

Dalam konsep dasar prinsip ekonomi, untuk mendapatkan keuntungan harus lah dengan cara mengeluarkan modal sekecil-kecilnya untuk memperoleh keuntungan ( hasil ) yang sebesar-besarnya. Sama halnya dalam Investasi Saham, tentu kita berharap untuk memperoleh keuntungan.

Begitulah tujuan utama Investasi, namun bagi masyarakat awam yang belum memahami tentang dunia investasi. Tak sedikit pula yang belum mengetahui bagaimana  prinsip dasar Investasi dan cara mengambil keuntungan dari investasi saham.

Cara mengambil keuntungan dalam Investasi Saham

Secara sederhana, untuk memperoleh keuntungan dari investasi saham adalah dengan cara membeli saham saat harga turun, dan menjualnya saat harga saham naik. Dari situ kita bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga saham yang kita jual belikan.

Seperti konsep dasar jual beli. Dalam dunia investasi saham, hal tersebut dikenal dengan istilah Capital gain ( Untung ) dan kebalikannya adalah Capital Loss ( Rugi ).

Ada cara lain untuk mendapatkan keuntungan dari investasi saham. Yaitu dengan Dividen. Dividen adalah keuntungan yang kamu dapatkan dari perusahaan sebagai imbal hasil karena perusahaan yang sahamnya kamu beli memperoleh keuntungan atau laba.

Namun untuk mendapatkan keuntungan dari dividen itu tidak mudah, ada banyak faktor dan tidak semua perusahaan membagikan dividen ketika memperoleh keuntungan.

Tips memperoleh keuntungan besar dari investasi saham

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi, kamu perlu melakukan beberapa hal yang sebagai berikut:

Melakukan analisa fundamental

Sebelum membeli saham perusahaan tertentu, kamu perlu menganalisa apakah perusahaan tersebut memiliki fundamental yang bagus. Bagaimana kinerja perusahaan tersebut, apa planning / marketing plan perusahaan tersebut kedepannya. Perusahaan yang memiliki fundamental yang bagus, berpotensi mengalami kenaikan harga saham per lembarnya.

Menambah modal investasi

Dengan modal yang besar, tentu lebih banyak lot saham yang bisa kamu beli. Ketika harga saham mengalami kenaikan, kamu bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar karena dibandingkan dengan yang membeli sedikit lot saham.

Menyesuaikan tujuan investasi

Strategi lain agar mendapatkan keuntungan maksimal adalah menyesuaikan investasi saham dengan tujuan finansial. Jika kamu ingin memaksimalkan profit, sebaiknya fokus pada tujuan investasi jangka panjang. 

Melakukan rebalancing Investasi

Rebalancing adalah proses menyeimbangkan portofolio yang kamu miliki. Tujuannya adalah untuk menjaga nilai aset serta menyesuaikan alokasi dana di setiap saham yang ingin kamu jadikan sebagai instrumen investasi.

Sebagai contoh, jika kamu membeli saham di dua perusahaan yang berbeda, kkkay salah satu kinerjanya baik, kamu bisa mengalihkan modal kepada saham yang berkinerja baik. Sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Memilih broker atau platform investasi terbaik

Ini menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi keuntungan kamu dalam berinvestasi saham. Karena broker yang baik biasanya sering memberikan rekomendasi saham mana yang mempunyai kinerja baik. Kamu bisa mengikuti rekomendasi yang diberikan oleh platform Investasi tersebut. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan aplikasi Investasi yang sudah terdaftar di BAPPEBTI.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan keuntungan dari investasi saham, sama seperti aktivitas jual beli pada umumnya. Bedanya, dalam Investasi Saham dipengaruhi banyak faktor yang lebih kompleks dan setidaknya kamu harus paham mengenai analisa fundamental.

Demikian artikel mengenai cara mengambil keuntungan dalam Investasi Saham. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sukses.