Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara meminimalisir resiko kerugian dalam Investasi

Mengenal dan manajemen resiko dalam Investasi
Masyarakat semakin banyak yang tertarik untuk berinvestasi. Tak heran banyak yang ingin terjun dalam dunia investasi dan ingin mendapatkan keuntungan dari investasi. 

Namun tak jarang banyak para investor yang belum memahami resiko dalam berinvestasi. Kebanyakan dari mereka hanya ikut-ikutan dan tidak siap untuk menghadapi resiko yang akan terjadi dalam Investasi.

Sebelum memulai Investasi, sebaiknya kita perlu memahami apa saja resiko dalam dunia investasi. Sehingga kita bisa memahami dan dapat meminimalisir resiko yang mungkin terjadi ketika berinvestasi.

Pengertian resiko dalam Investasi

Resiko investasi merupakan keadaan dimana seorang investor berpotensi mengalami kerugian dalam aktivitas investasi. Bisa dibilang keuntungan yang didapat tidak sesuai dengan harapan atau tidak sesuai dengan modal dana yang dikeluarkan.

Perlu diketahui dalam dunia investasi, resiko investasi itu berbanding lurus dengan keuntungan atau hasil investasi. Jika keuntungan yang didapat dalam investasi tinggi, maka risikonya pun juga ikut tinggi. Begitu pun sebaliknya. Maka dari itu, kita perlu memahami beberapa jenis-jenis resiko dalam Investasi.

Mengenal jenis resiko dalam Investasi

Berikut ini beberapa jenis resilo dalam berinvestasi yang harus kamu ketahui. Agar nantinya kamu dapat melakukan manajemen dan meminimalisir resiko saat berinvestasi.

Resiko Pasar

Jenis resiko yang umum terjadi dalam investasi adalah risiko pasar. Resiko pasar adalah keadaan naik turunnya nilai atau harga aset di pasar investasi. Banyak faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga pasar seperti perubahan politik, resesi ekonomi dan masih banyak lagi.

Resiko Inflasi

Inflasi atau kenaikan harga beli atau daya beli masyarakat juga mempengaruhi harga pasar dalam investasi. Inflasi mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat. Misalkan kamu punya dana investasi Rp20 juta dengan tingkat inflasi 5%, maka per tahunnya dana yang kamu miliki akan berkurang sebanyak Rp1 juta.

Resiko Likuiditas

Jenis resiko dalam Investasi yang kerap terjadi adalah risiko likuiditas. Hal ini disebabkan oleh kesulitan mendapatkan uang tunai dalam kondisi tertentu. Sehingga investor kesulitan menjual asetnya, karena tidak ada yang berminat membelinya di pasar modal.

Resiko likuiditas juga termasuk resiko eksternal yang sangat berpengaruh dalam dunia investasi. Sehingga menyebabkan pihak pembeli dan penjual sulit bertemu dalam hal transaksi Investasi karena sulitnya mendapatkan uang tunai.

Resiko Negara

Resiko lain yang mungkin terjadi adalah resiko yang diakibatkan oleh aktivitas dan kondisi politik suatu negara. Investor yang ingin berinvestasi di pasar saham luar negeri perlu melihat situasi politik yang terjadi diantara kedua belah negara. Sehingga dapat meminimalisir kerugian yang mungkin saja terjadi.

Misalkan kamu memilih Investasi Saham Amerika, kamu perlu untuk selalu update informasi atau berita tentang situasi politik yang terjadi di Amerika serikat. Sehingga kamu bisa meminimalisir resiko kerugian akibat situasi politik yang terjadi.

Resiko kurs atau Valuta Asing

Resiko ini disebabkan oleh naik turunnya nilai nilai tukar mata uang. Resiko ini berkaitan dengan naik turunnya kurs mata uang suatu negara terhadap kurs mata uang negara lain.

Manajemen resiko untuk meminimalisir kerugian Investasi

Setelah memahami apa saja resiko yang terjadi dalam dunia investasi, tentu kita ingin terbebas dari resiko kerugian atau setidaknya meminimalisir kerugian yang mungkin saja terjadi. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meminimalisir resiko kerugian dalam investasi.

Cara pertama :

Jangan menaruh seluruh dana ke dalam satu instrumen investasi. Kamu perlu membagi dana investasi kamu di beberapa jenis instrumen investasi. Hal ini berguna apabila salah satu instrumen investasi ada yang berkinerja buruk, setidaknya masih ada Investasi lain yang mempunyai kinerja baik.

Cara kedua :

Selalu pantau portofolio investasi milikmu. Serta pastikan selalu mengikuti update terbaru tentang berita atau situasi politik yang bisa saja mempengaruhi Investasi. Seperti yang kita tahu, situasi politik juga dapat berimbas pada Investasi.

Penutup

Pada dasarnya, setiap Investasi itu pasti memiliki resiko kerugian. Jangan sampai hal itu membuat kamu menjadi takut atau enggan berinvestasi. Berinvestasi itu mempunyai banyak keuntungan. Asalkan kita memahami resiko apa saja yang akan terjadi, kamu bisa meminimalisir terjadinya kerugian yang mungkin saja terjadi.

Demikian artikel mengenai manajemen resiko untuk meminimalisir kerugian dalam investasi. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua.