Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi HP yang di cas tidak mengisi malah berkurang

HP di cas tidak mengisi malah berkurang
HP di cas tidak mengisi malah berkurang - Ada saja kendala yang sering dialami ketika menggunakan ponsel. Salah satunya adalah saat ingin melakukan pengecasan daya baterai tidak bertambah justru malah berkurang. Hal ini tentu saja sangat menggangu.

Hal ini cukup sering dialami banyak orang. Jika kamu mengalami kendala yang sama, silahkan lanjutkan membaca artikel ini. Disini saya akan memberikan solusi cara mengatasi HP yang dicas tidak mengisi justru dayanya malah semakin berkurang.

Penyebab daya baterai tidak bertambah saat di cas

Ada banyak faktor atau hal yang menyebabkan HP tidak bisa mengisi saat di cas dan justru malah berkurang. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Port atau USB Charger Kotor

Penyebab yang pertama adalah mungkin karena port lubang casan pada HP kotor atau baret. Atau juga disebabkan colokan USB pada cas yang kotor. Hal ini terjadi karena seringkali orang tidak terlalu memperhatikan kebersihan pada charger sehingga menjadi kotor oleh debu. Dan dapat menyebabkan proses pengisian daya baterai jadi terganggu.

2. Kabel data rusak atau putus

Penyebab yang kedua adalah pada bagian kabel charger. Kemungkinan ada kabel charger yang rusak sehingga arus listrik tidak tersalurkan saat melakukan pengecasan. Kerusakan kabel data disebabkan karena terlalu sering digulung atau ditekuk.

Untuk mengetahui apakah kabel data rusak adalah dengan cara mengganti kabel data tersebut dengan kabel data lain. Kamu bisa meminjam kabel data milik teman untuk mengecek. Jika setelah diganti dengan kabel data lain ternyata bisa mengecas, maka sudah dipastikan kabel data milikmu rusak.

3. Adaptor charger rusak

Penyebab yang ketiga adalah pada bagian adaptor charger atau seringkali disebut kepala charger. Seringkali ampere dari adaptor tersebut menurun hingga dibawah batas ideal. Bagian ini seringkali rusak karena faktor lamanya penggunaan sehingga memang sudah seharusnya untuk diganti.

Mengecek ampere charger
Untuk mengecek apakah adaptor charger rusak atau tidak. Kamu bisa menggunakan aplikasi ampere yang bisa didownload di playstore. Caranya adalah dengan membuka aplikasi ampere saat charger dicolokkan. Maka akan terlihat ampere dari charger tersebut.

4. Perlu update sistem operasi/ software

Penyebab yang lain adalah kemungkinan software atau sistem aplikasi ponsel sudah usang. Kamu perlu melakukan update software agar kondisi ponsel kamu dalam keadaan optimal.

5. Terdapat aplikasi yang menghabiskan daya baterai

Hal lain yang juga menyebabkan HP tidak mengisi saat di cas adalah adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menggunakan banyak daya baterai. Sehingga menyebabkan data baterai tidak bertambah saat di lakukan pengecasan.

Cara mengatasi HP tidak mengisi saat di cas malah berkurang

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah antara lain sebagai berikut.

  • Membersihkan port USB dan Kabel data
  • Mengganti kabel data yang rusak
  • Mengganti Adaptor charger
  • Mematikan ponsel saat di lakukan pengecasan
  • Menghentikan aplikasi yang sedang berjalan
  • Melakukan update software
Kamu bisa melakukan ujicoba dari semua cara diatas. Jika dengan cara diatas HP masih tidak bisa di cas, mungkin memang ada kerusakan pada bagian konektor baterai atau bahkan pada baterai HP itu sendiri.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi HP tidak mengisi saat di cas. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua. Kamu bisa menemukan banyak tutorial yang bermanfaat di blog ini. Selamat mencoba.