Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memulai usaha jual beli HP bekas

Cara memulai usaha jual beli HP bekas
Usaha jual beli HP bekas - Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, salah satunya dalam hal teknologi komunikasi. Semua orang memiliki HP sebagai sarana komunikasi jarak jauh. Hal ini membuka peluang baru untuk mendapatkan cuan. Yaitu usaha jual beli HP bekas.

Menurut data, bahwa setiap orang di dunia ini mayoritas memiliki setidaknya satu HP untuk sarana komunikasi. Dengan pangsa pasar yang begitu besar. Hal ini tentunya menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk kita membuka usaha jual beli HP bekas. 

Kenapa harus usaha jual beli HP bekas?

Melihat pangsa pasar yang sangat potensial. Serta tingginya permintaan pasar akan kebutuhan memiliki HP untuk kehidupan sehari-hari. Tentu hal ini merupakan sebuah peluang besar yang menjanjikan.

Bahkan saat ini, perilaku konsumen terhadap kebutuhan HP mulai bergeser dari fungsi utama HP itu sendiri. Seperti yang kita tahu, HP digunakan untuk sarana komunikasi. Namun saat ini, banyak yang membeli HP untuk sarana menaikkan gengsi dan eksistensi. Banyak yang suka gonta-ganti HP dengan tipe keluaran terbaru walau HP yang lama masih sangat layak untuk dipakai.

Keuntungan jual beli HP bekas

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apakah usaha jual beli HP itu menguntungkan?. Jawabannya adalah tentu saja sangat menguntungkan. Jika kamu masih ragu, coba perhatikan berapa banyak orang yang memperjual belikan HP bekas di matketplace Facebook?. Ada banyak sekali.

Ini merupakan sebuah indikator bahwa terdapat keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Tentu hal ini sangat bagus dalam dunia bisnis. Jika kamu bisa melihat peluang, dari usaha jual beli HP bekas pun kamu bisa memperoleh penghasilan besar setiap bulannya.

Cara memulai usaha jual beli HP bekas

Untuk bisa memulai usaha jual beli HP bekas pun cukup mudah. Dan tidak memerlukan modal yang besar. Kamu bisa memulainya bahkan dengan modal ± Rp 2.000.000,-. Maka dari itu, pada artikel ini saya akan memberikan langkah-langkah untuk memulai usaha jual beli HP bekas. Simak dibawah ini.

1. Memiliki pengetahuan tentang HP

Hal pertama adalah kamu harus mengetahui seluk beluk tentang HP itu sendiri. Namun tidak harus benar-benar paham dan expert dalam teknologi HP.

Minimal kamu mengerti cara mengecek kondisi hp yang akan dibeli. Keahlian ini nantinya sangat dibutuhkan untuk membeli HP dari orang lain untuk dijual kembali.

Apa yang harus dicek ketika membeli HP bekas?.

Berikut ini beberapa hal yang harus dicek dan dipastikan dalam keadaan normal saat akan membeli HP bekas.

  • Kondisi fisik HP ( pilih HP yang masih mulus, tidak barat atau retak )
  • Mengecek LCD ( pastikan dalam kondisi normal )
  • Speaker ( tidak Sember )
  • Microfone
  • Kondisi baterai
  • Charger
  • Kondisi mesin
  • Kartu SIM
  • Kelengkapan hp

Secara garis besar, jika semua hal diatas dalam keadaan normal, maka dapat dipastikan bahwa HP tersebut memang normal dan layak untuk dibeli.

2. Menentukan batas keuntungan

Dalam hal ini adalah jangan menjual HP dengan harga yang terlalu mahal ( terlalu banyak mengambil keuntungan ). Hal ini akan berakibat HP kamu sulit terjual. Kamu perlu memperhatikan harga pasaran yang umum terhadap suatu produk tertentu.

Berdasarkan pengalaman pribadi, ambil keuntungan mulai dari Rp 50.000 sampe Rp. 200.000. Yang terpenting dalam jual beli HP adalah mengupayakan HP tersebut cepat terjual.

3. Pintar bernegosiasi

Dalam menjalankan usaha apapun itu, tentu saja keahlian yang harus dimiliki adalah harus pintar dalam bernegosiasi. Usahakan setiap melakukan ketemuan atau COD dengan calon pembeli harus berakhir dengan sebuah kesepakatan atau deal.

4. Harus jujur

Kejujuran itu adalah nomor satu. Jangan pernah sekalipun untuk menipu calon pembeli dengan mengatakan HP tersebut normal 100% jika ternyata HP tersebut memiliki kekurangan. Sebaiknya katakan apa adanya tentang kondisi HP tersebut. Percayalah kejujuran akan membawa keberuntungan dalam dunia bisnis.

5. Mengatur keuangan usaha

Untuk sukses dalam bisnis. Tentu kita harus pandai dalam mengatur keuangan. Manajemen keuangan yang baik akan membuat bisnis dapat berkembang. Walaupun berawal dari modal kecil, lama kelamaan akan berkembang menjadi besar. Kamu bisa belajar tentu bisnis dengan membaca buku ataupun artikel tentang bisnis.

Kesimpulan

Peluang usaha jual beli HP bekas cocok dijadikan sebagai bisnis utama ataupun bisnis sampingan yang menguntungkan. Tidak memerlukan modal yang besar, dapat dijalankan oleh siapapun seperti mahasiswa, pekerja kantoran bahkan ibu rumah tangga.

Demikian artikel mengenai peluang usaha jual beli HP bekas yang saya bagikan untuk teman-teman pembaca semua. Semoga dapat bermanfaat dan memberi wawasan tentang ide bisnis yang menguntungkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.