Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan cara mengatasi kulkas berdengung

Penyebab dan cara mengatasi kulkas berdengung

Mungkin banyak diantara kita yang sering mendengar suara kulkas berdengung atau berisik. Umumnya jika kulkas berdengung biasanya menandakan adanya sesuatu yang tidak beres pada kulkas tersebut.

Jika kulkas dirumah kamu berdengung, sebaiknya tidak perlu panik dan tergesa-gesa untuk memanggil tukang servis. Karena bisa jadi ketika kulkas berdengung adalah sesuatu yang wajar alias tidak ada kerusakan apapun.

Kulkas berdengung apakah normal?.

Dalam beberapa kondisi, kulkas berdengung keras adalah hal yang wajar. Ketika kulkas berdengung, ini menunjukkan sistem pendingin dalam kulkas tersebut sedang bekerja.

Umumnya hal ini sering terjadi pada kulkas yang masih baru, butuh waktu penyesuaian dan adaptasi. Biasanya setelah 1 bulan lebih, kulkas akan anteng atau tidak berdengung.

Penyebab kulkas berdengung

Seperti yang saya jelaskan diatas, suara kulkas berdengung adalah hal wajar. Dalam sistem pendingin pada kulkas, terdapat komponen  yang berupa Kompresor dan kipas. Ketika komponen ini bekerja, akan menimbulkan suara.

Namun jika kulkas berdengung keras dan disertai kondisi kulkas yang tidak dingin. Bisa jadi itu pertanda ada suatu kerusakan pada kulkas tersebut.

Beberapa penyebab kulkas berdengung

  • Kompresor kulkas rusak
  • Tegangan listrik tidak stabil
  • Terdapat komponen yang bermasalah
  • Dan lain-lain

Cara mengatasi kulkas berdengung keras

Jika mendengar suara kulkas berdengung keras dan tidak seperti biasanya. Untuk mengatasinya adalah dengan cara mencabut colokan / steker lalu diamkan selama ± 5 menit. Setelah itu colokan kembali, maka kulkas tidak berdengung lagi.

Jika kulkas berdengung keras disertai kondisi kulkas yang tidak dingin, bisa jadi terdapat kerusakan  pada komponennya. Solusinya adalah memanggil tukang servis kulkas untuk dilakukan perbaikan.

Kesimpulan

Dalam beberapa kondisi, kulkas berdengung adalah hal yang wajar. Kamu tidak perlu panik. Namun jika kulkas berdengung disertai kondisi lain. Maka sebaiknya kamu memanggil tukang servis untuk melakukan perbaikan. 

Artikel tentang penyebab dan cara mengatasi kulkas berdengung yang saya tulis diatas adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua.