Cara membuka usaha laundry rumahan, modal awal dan cara promosinya

Cara membuka usaha laundry rumahan, modal dan cara promosi laundry rumahan

Salah satu usaha rumahan yang cukup potensial dan bisa mendatangkan keuntungan adalah usaha laundry rumahan. Usaha ini sangat menarik, karena saat ini semakin banyak orang yang mencari jasa laundry atau cuci pakaian.

Hal ini bisa jadi peluang yang sangat menjanjikan, khususnya untuk pasangan suami istri yang baru menikah atau bahkan ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah.

Kelebihan dan kekurangan dari usaha laundry rumahan

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuka usaha laundry rumahan, sebaiknya kamu perlu memahami apa saja kelebihan dan kekurangan usaha laundry rumahan.

Kelebihan usaha laundry rumahan

Kenapa harus membuka usaha laundry rumahan?. Berikut ini beberapa kelebihan membuka usaha laundry rumahan :

  • Tidak memerlukan modal besar

Modal awal usaha laundry rumahan terbilang cukup kecil, karena kamu bisa memulai dengan memanfaatkan salah satu ruangan dirumah sebagai tempat untuk menjalankan usaha laundry rumahan. Sehingga tidak harus membeli ataupun menyewa kios atau ruko.

  • Target pasar jelas

Saat ini cukup banyak yang menggunakan jasa laundry. Mulai dari ibu rumah tangga yang sibuk dan tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci pakaian sehari-hari, anak kost, pekerja kantoran, dan lain-lain. Dengan target pasar yang jelas, usaha laundry rumahan sangat berpotensi menjadi sukses.

  • Keuntungan besar

Usaha laundry rumahan menjadi salah satu usaha yang cukup menggiurkan. Keuntungan yang diperoleh dari usaha laundry rumahan terbilang besar. Apalagi jika sudah mendapatkan pelanggan tetap.

Kekurangan dari usaha laundry rumahan

Setelah membahas tentang kelebihan, selanjutnya adalah apa saja kekurangan dalam menjalankan usaha laundry rumahan. Berikut ini diantaranya :

  • Persaingan cukup banyak

Usaha laundry saat ini sudah cukup banyak bermunculan, tapi kamu tidak perlu khawatir. Yang namanya usaha pasti selalu ada pesaingnya bukan?. Tidak ada salahnya untuk mencoba, toh rejeki sudah ada yang mengatur.

  • Sering terkendala cuaca

Sistem pengeringan dengan menggunakan sinar matahari masih tetep diperlukan dalam usaha laundry meskipun sudah banyak yang memakai mesin pengering. Mengeringkan pakaian dengan sinar matahari terbukti lebih bagus dan membuat pakaian kering sempurna. Sehingga jika cuaca sedang tidak menentu, hal itu cukup memberikan kendala dalam usaha laundry.

Modal membuka usaha laundry rumahan

Modal usaha laundry rumahan

Banyak yang bertanya-tanya berapa sih modal yang diperlukan untuk membuka usaha laundry rumahan?. Berikut ini beberapa perhitungan modal yang diperlukan untuk memulai usaha laundry rumahan.

Berdasarkan pengalaman beberapa orang yang sudah lebih dulu membuka usaha laundry rumahan, rata-rata modal yang diperlukan adalah Rp 5.000.000 sampai dengan Rp. 10.000.000. Berikut ini rinciannya dalam tabel dibawah. 


HTML Table Generator

Nama barang Jumlah Harga ( Rp )
 Mesin cuci 1 buah  3.000.000 
Mesin pengering  1 buah  3.000.000 
Setrika   2 buah  300.000
Detergen   10 liter  200.000
Pewangi   10 liter  200.000
Plastik kemasan   10 pack  100.000
   TOTAL  6.800.000

Perhitungan modal yang saya tuliskan diatas hanya sebatas gambaran saja. Total modal membuka usaha laundry rumahan bisa saja berbeda dengan yang saya tuliskan diatas. Tergantung beberapa faktor lainnya seperti harga mesin cuci yang berbeda dan lain sebagainya

Cara promosi usaha laundry rumahan

Setelah membuka usaha laundry rumahan, selanjutnya adalah melakukan promosi agar mendapatkan pelanggan. Namun tak sedikit pula yang kebingungan bagaimana sih cara promosi usaha laundry rumahan agar dapat banyak pelanggan?. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba.

Pasang banner atau papan nama

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat papan nama atau banner promosi usaha laundry rumahan yang kamu jalankan. Setelah itu pasang banner tersebut didepan rumah, perempatan jalan sekitar rumah dan lain-lain.

Memberikan promo Grand opening

Salah satu cara yang sangat efektif mendapatkan pelanggan adalah memberikan promo dalam rangka pembukaan usaha laundry rumahan milik kamu. Misalnya Kamu bisa memberikan promo diskon untuk 10 pelanggan pertama dapat diskon sekian. Dengan cara seperti itu, kamu bisa menarik minat pelanggan baru untuk menggunakan jasa laundry milik kamu.

Berpromosi melalui media sosial

Cara paling murah dan cepat dalam mendapatkan pelanggan adalah dengan cara mempromosikan melalui media sosial. Kamu bisa berpromosi melalui Facebook, Instagram, Whatsapp dan lain-lain.

Kamu juga bisa mempromosikan di grup-grup lokal Facebook sehingga usaha laundry rumahan kamu dapat dilihat oleh banyak orang dalam lingkup lokal sekitar rumah kamu.

Bekerjasama dengan pemilik kost

Salah satu pelanggan potensial usaha laundry adalah penghuni kost. Kebanyakan dari mereka memakai jasa laundry karena tidak mau ribet dalam hal mencuci pakaian.

Hal ini bisa menjadi peluang untuk mempromosikan jasa laundry milik kamu dengan cara bekerjasama dengan pemilik kost. Dari sini biasanya kamu akan dapat pelanggan tetap.

Kesimpulan

Usaha laundry rumahan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Karena tidak memerlukan modal yang besar, minim resiko dan keuntungan yang didapat pun cukup besar. Sehingga ini menjadi salah satu usaha rumahan yang bisa kamu coba.

Demikian artikel ini, semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua. Dan selamat mencoba.