Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara beriklan di radio dengan mudah dan efektif

Cara beriklan di radio yang efektif

Beriklan adalah upaya untuk mengenalkan atau mempromosikan produk atau jasa untuk menarik minat konsumen agar mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satu saluran iklan yang dari dulu hingga sekarang masih tetap populer adalah iklan di radio.

Iklan di radio adalah salah satu iklan elektronik yang populer hingga saat ini. Dan masih menjadi pilihan para pengusaha untuk mempromosikan produk miliknya. Walaupun banyak yang mengatakan radio akan segera punah oleh gempuran teknologi baru yang semakin canggih. Namun ternyata radio masih tetap eksis dan mempunyai basis penggemar tersendiri.

Iklan di radio menjadi salah satu saluran iklan yang murah dan terjangkau. Serta masih tetap efektif hingga saat ini, dan dapat menjangkau banyak audience. Sehingga iklan di radio dijadikan pilihan banyak orang untuk memasarkan produk miliknya.

Cara memulai beriklan di radio

Sebelum memulai beriklan di radio, tentu saja diperlukan persiapan dan hal-hal penting lainnya. Agar iklan kamu dapat tersampaikan dengan jelas kepada pendengar dan dapat menggaet pelanggan secara efektif. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat iklan di radio.

1. Menentukan ide

Yang pertama adalah menentukan ide atau konsep utama dalam sebuah iklan yang akan dibuat. Hal ini penting, karena ide atau konsep adalah dasar utama dalam pembuatan iklan agar dapat mencapai tujuan iklan itu sendiri.

2. Menentukan tujuan dari iklan

Yang kedua adalah menentukan tujuan iklan. Iklan yang akan dibuat bertujuan untuk apa, apakah untuk memperkenalkan suatu produk agar konsumen terpengaruh untuk membeli produk, atau untuk menginformasikan dan mengingatkan konsumen akan suatu produk. 

3. Membuat naskah iklan

Naskah iklan sangat penting sebagai sarana untuk menginformasikan suatu produk atau jasa. Naskah iklan yang dibuat haruslah berisi kata-kata yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang di promosikan. Serta menggunakan bahasa yang singkat, menarik, dan mudah dimengerti.

4. Menentukan efek suara yang menarik

Iklan di radio hanya mengandalkan suara untuk menyampaikan pesan iklan. Memberikan efek suara yang sesuai dan menarik bisa menjadi faktor utama sebuah iklan dapat tersampaikan dengan efektif.

5. Memilih orang yang akan membacakan naskah iklan

Memilih orang yang akan membacakan naskah iklan juga sangat penting. Pastikan memilih orang yang mempunyai karakter suara yang sesuai sehingga dapat mempengaruhi konsumen yang mendengarkan iklan di radio.

Contoh iklan di radio

Berikut ini saya sertakan salah satu contoh iklan di radio sebagai referensi untuk teman-teman pembaca semua. 

Uhuk uhuk uhuk…suara batuk si adik kecil

Ibu : Adik batuk ya?

Adik : Iya bu (suara : uhuk uhuk batuk lagi)

Ibu : Sini adik minum obat batuk dulu biar sembuh batuknya.

Adik : Gak mau, pahittt.

Ibu : Gak pahit koq, ada rasa buahnya lho.

Adik : Mau mau bu ( suara : uhuk uhuk batuk lagi )

Suara Pengisi : Anak batuk? Solusinya minum obat batuk anak Anakonidin. Efektif meredakan batuk si kecil. Bisa dibeli di apotek terdekat. 

Apakah iklan radio masih efektif?.

Iklan radio masih menjadi pilihan saluran iklan yang efektif dan efisien. Dan masih banyak digunakan oleh pengusaha dalam mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Karena dapat mencakup banyak audience dengan berbagai kalangan usia. Dengan biaya iklan yang cukup terjangkau.

Kesimpulan

Iklan di radio masih sangat efektif dan efisien dalam menjangkau audience. Terbukti banyak pengiklan yang mencapai kesuksesan dalam menjalankan Bisnis miliknya setelah beriklan di radio.

Demikian artikel mengenai cara beriklan di radio yang saya bagikan untuk teman-teman pembaca semua, semoga bermanfaat. Kamu dapat membaca artikel lain tentang ide bisnis, cara berinvestasi dan berbagai tutorial yang bermanfaat di blog ini. Terimakasih.