Muncul kode R pada sinyal?. Ini cara mengatasinya

arti sinyal 'R' dan cara mengatasi sinyal R di HP Android

Ketika menggunakan ponsel, ada kalanya kamu pernah mengalami berbagai kendala terhadap sinyal atau jaringan. Salah satunya adalah muncul tulisan R pada sinyal. Munculnya kode R biasanya juga disertai dengan putusnya koneksi internet dan jaringan telepon.

Meskipun sangat jarang ditemui, tapi munculnya tulisan atau kode R pada sinyal bisa saja terjadi dan cukup mengganggu aktifitas kita dalam hal komunikasi. Terlebih apabila kita sedang membutuhkan koneksi internet untuk keperluan yang penting.

Arti muncul tulisan atau kode R pada sinyal

muncul tulisan/kode R pada sinyal

Kode R pada sinyal adalah Roaming. Roaming merupakan keadaan dimana perangkat/kartu SIM digunakan atau berada di wilayah tertentu. Hal ini lumrah terjadi apabila kamu bepergian ke luar negeri dan masih memakai kartu SIM atau provider lokal. Maka secara otomatis sinyal atau jaringan akan memunculkan kode R.

Penyebab muncul kode R pada sinyal

Setelah mencari tahu di forum tekno, ada yang mengalami hal sama yaitu muncul kode R pada sinyal. Ada beberapa penyebabnya.

Mengatasi sinyal R

1. Penyebab pertama sinyal R

Munculnya tulisan atau kode R pada sinyal disebabkan oleh jaringan/koneksi ponsel dengan tower BTS terputus. Mungkin karena disebabkan sedang terjadi pemadaman listrik atau mati lampu di sekitar tower BTS tersebut.

Atau disebabkan hal lain seperti tower BTS sedang dalam perbaikan yang menyebabkan koneksi menjadi terputus. Sehingga menyebabkan ponsel mencari jaringan sinyal dari tower BTS lain yang lokasinya sangat jauh.

2. Penyebab kedua sinyal R

Terdapat kerusakan pada ponsel, khususnya pada komponen penerima sinyal. Untuk hal ini, dan perlu pemeriksaan lebih lanjut di tempat servis HP. Tapi hal ini cukup jarang terjadi.

Baca juga : Aplikasi yang boros kuota

Cara mengatasi sinyal ‘R’

Cara mengatasi sinyal ‘R‘, untuk semua operator seluler. Solusi yang pernah saya coba dan berhasil adalah Kamu perlu melakukan koneksi ke jaringan secara manual. Simak caranya dibawah ini:

  • Buka menu pengaturan
  • Klik menu jaringan seluler
  • klik “pilih jaringan secara otomatis”
  • Ponsel akan mencari jaringan yang tersedia.
  • Menunggu proses pencarian jaringan selesai
  • Pilih jaringan sesuai kartu SIM yang kamu gunakan.
  • Maka jaringan akan kembali normal

Mengatasi sinyal R di HP Android

Setelah jaringan disambungkan secara manual, maka sinyal atau jaringan di HP Android akan kembali normal. Dan kamu bisa menggunakannya kembali seperti sedia kala.

Kesimpulan

Cara diatas yang saya bagikan adalah berdasarkan pengalaman pribadi. Di daerah saya akhir-akhir ini cukup sering terjadi masalah sinyal R secara tiba-tiba. Cara diatas yang saya lakukan terbukti berhasil untuk semua operator selluler di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL & Axis, Smartfren.

Namun apabila tidak berhasil menggunakan cara diatas, bisa jadi memang sedang ada kendala di tower BTS terdekatmu yang mungkin sedang dalam perbaikan. Kamu bisa menunggu beberapa saat, lalu mencobanya kembali.

Munculnya masalah sinyal R juga bisa disebabkan oleh hal lain yang saya tidak ketahui. Tapi gak ada salahnya kamu coba cara diatas. Demikian artikel mengenai cara mengatasi sinyal R. Semoga Tutorial ini dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua, selamat mencoba.