Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muncul tulisan periksa pada meteran listrik?. Ini penyebab dan solusinya

Mengatasi muncul tulisan periksa pada meteran listrik

Meteran listrik atau kWh meter adalah alat elektronik yang berfungsi untuk mengukur seberapa banyak penggunaan listrik dirumah.

Sebagian besar pengguna listrik di Indonesia sudah memakai meteran listrik terbaru yang dilengkapi dengan layar kecil. Atau biasa disebut meteran pulsa atau token.

Meteran listrik terbaru ini memiliki fitur canggih yang dapat mendeteksi kerusakan pada instalasi listrik dirumah. Salah satunya adalah dapat menampilkan pemberitahuan berupa tulisan pada layar kecilnya.

Muncul tulisan periksa pada meteran listrik

Tidak perlu cemas apabila muncul tulisan periksa pada meteran listrik, itu artinya meteran listrik memberitahukan bahwa terdapat gangguan atau kerusakan pada instalasi listrik dirumah.

Munculnya tulisan periksa pada meteran listrik ini biasanya disertai dengan listrik dirumah tidak menyala sampai dilakukan tindakan perbaikan pada instalasi listrik dirumah.

Penyebab muncul tulisan periksa pada meteran listrik

Beberapa penyebab munculnya tulisan periksa pada meteran listrik diantara nya adalah :

Konsleting atau arus listrik bocor

Kemungkinan terdapat konsleting pada kabel listrik dirumah. Atau biasanya terdapat kabel listrik yang terkelupas dan bersentuhan dengan objek lain sehingga dapat memicu terjadinya percikan api.

Masalah pada grounding

Penyebab yang kedua bisa jadi pada bagian ground atau arde. Salah satu fungsi grounding adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran listrik.

Jika terdapat masalah pada grounding, maka juga berakibat pada sistem kelistrikan di rumah.

Lampu indikator temper menyala

Lampu temper pada meteran listrik akan menyala jika kotak meteran dibuka secara sengaja maupun tidak. Jika ini terjadi, solusi nya adalah meminta kode clear temper pada PLN.

Solusi muncul tulisan periksa pada meteran listrik

Solusi yang paling tepat dan mudah adalah segera menghubungi contact center PLN untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Solusi muncul tulisan periksa pada meteran listrik

Catatan :
Sebaiknya jangan mencoba memperbaiki sendiri apabila tidak memiliki cukup keahlian dibidang kelistrikan. Karena sangat beresiko tinggi dan berbahaya.

Cukup serahkan semuanya kepada pihak PLN untuk melakukan perbaikan karena gratis dan responnya pun cepat.

Demikian artikel mengenai penyebab dan solusi muncul tulisan periksa pada meteran listrik. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua.