Mengenal QR code dan cara membuatnya di android gratis

Apa itu QR code dan cara membuat QR code

Kamu pasti sering melihat dan tak asing lagi dengan QR code. QR code ini biasanya terdapat di aplikasi WhatsApp untuk berbagi kontak. QR code juga bisa kamu temukan dalam sertifikat vaksin dan masih banyak lagi.

Apa itu QR Code?.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu QR code.QR code adalah singkatan dari Quick Response code.QR code ini merupakan barcode dua dimensi yang dapat memberikan beragam jenis informasi secara langsung dan cepat.

Untuk membukanya dibutuhkan kamera pada smartphone untuk melakukan scan atau pemindaian. Sehingga informasi yang terdapat didalam QR code dapat terbaca.

Siapa yang membuat QR code?.

QR code dibuat oleh perusahaan Jepang Denso-Wave pada tahun 1994. QR code ini dibuat bertujuan agar informasi didalam QR code dapat diuraikan dengan kecepatan tinggi.

Untuk apa QR code dibuat?.

QR code dibuat agar mempermudah dan mempercepat dalam penyampaian informasi. QR code memiliki banyak manfaat diantaranya:

  • Untuk menampilkan teks pada pengguna
  • Membuka website, link atau URL
  • Sebagai metode pembayaran
  • menyimpan kontak ke buku telepon
  • Dan masih banyak lagi.

Contoh penggunaan QR code dalam kehidupan sehari-hari

Ketika kamu ingin membagikan nomor telepon pada WhatsApp, daripada harus mengetikkan nomor satu persatu. Lebih baik dengan melakukan scan QR code agar lebih cepat dan praktis.

Contoh lain dalam penggunaan QR code adalah sebagai metode pembayaran. Atau biasa disebut QRIS. Ketika kamu berbelanja di minimarket, kamu bisa membayar dengan menggunakan metode scan QR code.

Perbedaan barcode dan QR code

Perbedaan barcode dan QR code

Barcode adalah kode batang, kode palang, kode bilah, atau kode bar. Yaitu suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau satu dimensi.

Sedangkan QR Code merupakan penerus dari sebuah Barcode. Bentuk dari QR Code ini berupa kotak-kotak kecil dan terdapat tiga kotak di ujung sisi yang memudahkan untuk dibaca oleh scanner. QR Code dapat menyimpan data informasi lebih banyak dibandingkan dengan Barcode.

Cara membuat kode QR gratis di android

Dalam artikel ini saya juga akan membahas cara membuat QR code yang sesuai dengan kebutuhan. Cara membuat QR code yang paling mudah di android adalah dengan menggunakan tools online.

Tools yang akan digunakan adalah QR Code generator. Ada banyak sekali website yang menyediakan tools ini saya akan mencontohkan satu saja.

Kamu bisa membuka website ini : https://id.qr-code-generator.com

Tahapan membuat QR Code

Menentukan informasi atau konten

Dalam tahap ini, kamu harus menentukan ingin memberikan informasi apa dalam QR code yang akan kamu buat. Umumnya dalam QR code berisi konten atau informasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Contohnya :

  • Berisi teks
  • Website atau link URL
  • E-mail
  • vCard atau nomor kontak
  • Akun Instagram, Twitter, dll.
  • Dan masih banyak lagi.

Setiap tipe konten akan memiliki bentuk QR Code yang berbeda. Kamu bisa pilih salah satu yang tersedia.

Memasukkan data konten

Setelah menentukan konten, selanjutnya adalah memasukkan data konten untuk di generate atau diubah menjadi QR Code. Contoh, jika kamu ingin memasukkan link website, kamu cukup mengetikkan alamat url website kamu kedalam kotak yang disediakan.

Cara membuat QR code dari link

Sebagai contoh saya ingin mengetikkan alamat url website saya yaitu Mysatria.com

Pilih desain QR Code

Pada tahap ini, kamu bisa memilih desain QR code apa yang sesuai dengan keinginan kamu. Kamu bisa memilih dan mencoba desain QR code mana yang cocok.

Melakukan ujicoba QR code yang dibuat

Setelah semua tahapan selesai, QR code yang kamu buat sudah jadi. Dan siap kamu ujicoba apakah ketika di scan dapat langsung membuka informasi konten yang dibuat tadi.

Cara membuat QR code dari link

Seperti itu contoh QR code yang baru saja saya buat. Ketika kamu melakukan scan pada QR code diatas maka akan otomatis membuka website saya.

Demikian artikel mengenai apa itu QR code dan cara membuatnya gratis di Android. Selamat mencoba. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat. Terimakasih.