Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi layar hp error ada suara google voice saat disentuh

Mengatasi layar hp error ada suara google voice saat disentuh
Beberapa kali saya dimintai tolong tetangga untuk memperbaiki hpnya.Namanya pak Sofyan, sudah tiga kali datang kerumah dengan keluhan yang sama. Katanya layar hp error dan ada suara google voice saat disentuh.

Awalnya saya bingung, kok bisa seperti itu padahal kalo dilihat hpnya normal-normal aja. Jadi kondisi hpnya itu baik-baik aja, bukan habis jatuh ataupun ketindihan dan lain-lain.

Penyebab layar hp error dan ada suara saat disentuh

Setelah dicari tahu, ternyata penyebabnya adalah tidak sengaja meng-aktifkan fitur Talkback. Dan itu bukanlah kerusakan, jika teman-teman mengalami hal serupa tidak perlu panik.

Hal itu bisa terjadi mungkin karena hp abis dimainin anak-anak yang asal pencet. Atau tidak sengaja kepencet pas lagi dikantongin.

Solusi layar hp error ada suara google voice

Talkback adalah fitur yang ada di dalam hp Android. Fitur ini berguna untuk orang yang memiliki keterbatasan penglihatan. Dengan cara mengeluarkan suara dan bergetar saat layar disentuh untuk memberitahu dan mengarahkan pengguna dalam mengoperasikan ponsel.

Mengatasi layar hp error dan ada suara saat disentuh

Cara mengatasinya adalah dengan menon-aktifkan fitur Talkback. Setelah itu hp akan kembali normal seperti biasanya.

Untuk menonaktifkan fitur Talkback, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini caranya:

1. Melalui tombol volume di HP

Caranya adalah dengan menekan tombol volume atas dan bawah secara bersamaan selama ± 3 detik. Sebelum menekan tombol, pastikan layar hp dalam keadaan menyala.

Setelah itu akan muncul pintasan pada layar untuk menonaktifkan fitur TalkBack. Setelah fitur Talkback dinonaktifkan, hp akan kembali ke mode normal.

2. Melalui Asisten Google

Menonaktifkan Talkback dengan asisten oke google

Cara yang kedua untuk menonaktifkan fitur Talkback adalah menggunakan asisten google. Dengan Asisten Google, kamu bisa memerintahkan untuk menonaktifkan fitur Talkback.

Caranya adalah dengan mengucapkan "Ok Google”, lalu ucapkan “Nonaktifkan TalkBack”. Maka sistem pada hp akan melakukan perintah tersebut dan fitur Talkback akan otomatis dinonaktifkan.

3. Melalui Pengaturan pada hp

Cara yang terakhir menonaktifkan fitur Talkback adalah langsung dari halaman setting pada hp. Caranya :

  • Klik pengaturan/setting
  • Klik Aksesibilitas
  • Pilih Talkback
  • Pilih opsi "Off"
  • Fitur Talkback akan otomatis dinonaktifkan.

Mungkin kita akan sedikit kesulitan mengakses halaman setting ketika fitur Talkback dalam keadaan aktif. Karena belum terbiasa.

Tapi kamu tidak perlu panik, sebagai petunjuk berikut agar memudahkan kamu dalam mengoperasikan smartphone dalam mode Talkback.

  • Klik dua kali untuk memilih dan membuka aplikasi
  • Menggunakan dua jari untuk scroll layar

Layar hp error dan bersuara sendiri

Jika teman-teman mengalami layar hp error dan ada suara saat disentuh, teman-teman tidak perlu panik. Cukup ikuti tutorial yang saya tuliskan diatas. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.