Cara mencari lowongan kerja via online terpercaya

Cara mencari lowongan kerja via online terpercaya

Cara mencari Lowongan Kerja via online terpercaya – Jika kamu sedang mencari lowongan kerja namun tak kunjung dapat, jangan berkecil hati yaa. Memang mencari pekerjaan itu sesuatu hal yang tidak mudah. Terutama jika kita tidak tahu tempat ataupun sumber informasi terpercaya yang menyajikan informasi update seputar info loker terbaru.

Oleh sebab itu, saya disini akan sedikit membahas cara dan tips mencari lowongan kerja secara online dan situs yang menyajikan informasi loker terpercaya.

Dahulu sebelum ada internet, orang-orang biasanya mencari info lowongan pekerjaan secara langsung yaitu dengan cara langsung mendatangi lokasi perusahaan, bertanya teman, kerabat atau keluarga. Bahkan ada juga yang mencari info loker melalui koran.

Di era sekarang, kita patut bersyukur karena kita bisa mencari informasi lowongan kerja secara online. Dengan kata lain, kamu bisa mencari lowongan kerja melalui internet. Sehingga lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi lowongan kerja yang diinginkan. 

Cara mencari Lowongan Kerja via online terpercaya

Langsung saja yaa, berikut ini beberapa tips dan cara mencari lowongan kerja terpercaya via online.

Mengenali Potensi Diri

Sebelum mencari informasi lowongan kerja, sebaiknya kita perlu mengenali potensi dan keahlian yang kita miliki. Hal ini penting agar kita bisa lebih mudah dalam mencari pekerjaan yang cocok dengan keahlian yang kita miliki.

Mengenali potensi dan keahlian yang kita miliki itu tak selalu harus berhubungan dengan pendidikan atau jurusan kuliah yang diambil. Misal, orang yang sewaktu kuliah mengambil jurusan teknik industri belum tentu punya potensi untuk bekerja di industri. bisa jadi punya bakat dan keahlian dibidang lain yang lebih potensial di dunia kerja.

Sebab keahlian dan potensi diri kita itu bisa kita kenali dari kemampuan seperti apa yang bisa ditingkatkan baik dengan belajar sendiri secara otodidak maupun mengikuti kursus atau kelas profesional. Dengan melihat keahlian yang kita miliki, kita bisa memilih pekerjaan apa yang akan kita lamar.

Membuat Surat Lamaran kerja dan CV

Jika kamu sudah tahu jenis pekerjaan apa yang cocok seperti yang kamu cari. Hal selanjutnya adalah mempersiapkan berkas atau dokumen yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Berkas yang perlu disiapkan untuk melamar pekerjaan adalah surat lamaran dan CV atau Curriculum Vitae (data riwayat hidup).

Mulai mencari lowongan kerja yang sesuai keahlian

Kamu bisa memulai mencari info loker melalui website atau situs lowongan kerja. Selalu pantau situs lowongan pekerjaan tersebut. Dan lihat perusahaan mana saja yang sedang membuka lowongan kerja.

10 daftar website info loker terpercaya

Berikut ini daftar website informasi lowongan pekerjaan terpercaya:

  1. Linkedin job
  2. KitaLulus
  3. Karir
  4. Jobstreet
  5. Loker ID
  6. Job ID
  7. TopKarir
  8. Glints
  9. Kalibrr
  10. TechInAsia Job

Mencari info lowongan kerja melalui grup Facebook

Alternatif lain dalam mencari info lowongan pekerjaan adalah melalui grup Facebook yang khusus membahas Info loker. Biasanya disana juga sangat update dalam menyediakan informasi lowongan kerja.

Namun kita perlu berhati-hati, karena didalam grup Facebook cukup banyak juga informasi lowongan kerja palsu yang beredar.

Jangan terlalu memilih pekerjaan

Kita memang mau mencari pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan yang kita harapkan. Namun, jangan terlalu memilih pekerjaan. Misalnya, kalau kamu masih fresh graduate. Jangan terlalu memilih pekerjaan yang bergaji besar. Kita juga harus menyadari bahwa kita masih belum mempunyai pengalaman.

Tidak masalah kita mengambil pekerjaan lain sebagai batu loncatan dan memperbanyak pengalaman kerja. Sembari kita menambah keahlian yang kita miliki.

Mengambil pekerjaan part time atau freelance

Dalam proses mencari pekerjaan, tak selamanya berjalan mulus. Ada kalanya kita gagal memperoleh pekerjaan yang diharapkan. Namun tak perlu berkecil hati, sembari terus berusaha tak ada salahnya kamu untuk mengambil pekerjaan part time atau freelance.

Pekerjaan part time atau freelance sangat banyak, kamu bisa bekerja sebagai driver ojek, barista, pelayan toko, kurir antar barang dan lain sebagainya.

Meskipun pekerjaan part time tersebut jauh dari keahlian yang kita miliki, setidaknya kamu bisa memperoleh pendapatan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Demikian sedikit tulisan saya mengenai cara mencari lowongan kerja secara online. Semoga dapat bermanfaat untuk pembaca semua.