Cara mengetahui koin kripto akan naik ataupun turun

Cara mengetahui koin kripto akan naik atau turun

Berinvestasi aset kripto memang sangat menjanjikan. Kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang cepat, namun juga dapat mengalami kerugian yang besar dalam waktu yang singkat.

Karena memang harga sebuah aset kripto dapat mengalami kenaikan dan penurunan yang berlangsung begitu cepat. Hal itu adalah wajar karena harga aset kripto 100 persen ditentukan oleh pasar.

Untuk para investor pemula, sebelum memulai Investasi Kripto sebaiknya melakukan analisa fundamental sebelum membeli aset kripto.

Hal yang mempengaruhi naik turunnya harga aset kripto

Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi naik turunnya harga Aset Kripto.

1. Dipengaruhi oleh keseimbangan pasar

Harga aset kripto itu sangat tergantung pada keseimbangan penawaran dan permintaan.

Dalam hukum pasar, Ketika banyak permintaan maka harganya akan naik. Begitu juga sebaliknya, jika penawaran tinggi sedangkan permintaan rendah maka harga akan turun.

2. Dipengaruhi oleh berita ataupun liputan media

Contohnya adalah jika ada berita tentang serangan hacker pada server crypto dapat mempengaruhi turunnya harga aset kripto.

Atau pun berita bagus mengenai suatu aset kripto dapat mempengaruhi kenaikan harga aset kripto tersebut.

Naik turunnya harga Aset Kripto juga dapat dipengaruhi oleh sebuah postingan di media sosial dan pernyataan dari orang terkenal di dunia Aset Kripto yang disengaja. Dalam dunia investasi aset kripto, berita dan informasi benar-benar punya pengaruh besar pada situasi pasar.

3. Dipengaruhi oleh jumlah atau volume aset kripto yang beredar

Contohnya volume aset kripto seperti Bitcoin dan Etherium masih sangat sedikit dan persebarannya tidak merata sehingga apa yang dilakukan para pemegang aset kripto tersebut dalam melakukan penjualan atau pembelian aset kripto dapat mempengaruhi naik turunnya harga.

4. Dipengaruhi oleh faktor psikologis manusia

Psikologis seseorang ketika berinvestasi aset kripto adalah adanya rasa takut mengalami kerugian dan sifat serakah ingin mendapatkan keuntungan yang besar dapat mempengaruhi pergerakan harga aset kripto.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa pergerakan harga aset kripto dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran.

Beberapa poin diatas merupakan contoh analisa fundamental dalam berinvestasi aset kripto. Selanjutnya kita akan membahas analisa teknikal dalam artikel lain

Semoga sedikit pembahasan di atas dapat membantu teman-teman semua dalam memulai investasi aset kripto.