Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar sabar dan ikhlas dalam menjalani kehidupan


Hidup tak selamanya indah, tak selamanya yang kita harapkan menjadi kenyataan, selalu ada ujian yang akan kita hadapi dalam hidup ini.

Untuk itu diperlukan kesabaran dan keikhlasan dalam menjalani kehidupan. Namun sepertinya untuk menjadi sabar dan ikhlas adalah sesuatu hal yang sulit.

Maka sebaiknya belajar sabar dan ikhlas harus diamalkan sejak kecil. Hal ini penting untuk bekal kita dalam menjalani kehidupan saat dewasa nanti yang pastinya akan banyak menemui ujian kehidupan.

Islam menganjurkan umatnya untuk selalu bersikap sabar dan ikhlas.

Kedua sikap ini saling melengkapi untuk memperoleh berkah dari Allah SWT, serta dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menyampaikan firman-nya tentang sikap sabar dan ikhlas. 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan [kepada Allah] dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar," (QS. Al-Baqarah [2]: 153).

وَمَنْ اَحْسَنُ دِيْنًا مِّمَّنْ اَسْلَمَ وَجْهَهٗ لِلّٰهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَّاتَّبَعَ مِلَّةَ اِبْرٰهِيْمَ حَنِيْفًا ۗوَاتَّخَذَ اللّٰهُ اِبْرٰهِيْمَ خَلِيْلًا

"Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan ... " (QS. An-Nisa [4]: 125)

Manfaat sikap sabar dan ikhlas

Sikap sabar dan ikhlas juga memiliki manfaat untuk kehidupan dunia maupun di akhirat, diantaranya:

  • Mendapat pahala dari Allah SWT
  • Hati menjadi tenang dan ibadah menjadi lancar
  • Mendapat pertolongan Allah ketika sedang dilanda kesulitan
  • Menjadi manusia yang pemaaf
  • Tidak mudah marah dan tidak diperdaya oleh amarah
  • Selalu disayangi dan disenangi orang lain
  • Dijauhkan dari sifat-sifat kotor seperti ujub, takabur, dan iri
  • Hati selalu lapang dan terasa ringan dalam menjalani hidup
  • Selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT dan menerima Qada dan Qadar Allah
  • Menjadi sosok yang hebat dan kuat
  • Mendapat kemuliaan di sisi Allah SWT

Cara agar selalu sabar dan ikhlas menjalani hidup

Bagaimana cara agar kita terbiasa untuk sabar dan ikhlas dalam menerima suatu apapun?. Kita perlu untuk mengamalkan beberapa cara dibawah ini.

Niatkan semua karena Allah

Apapun yang akan kita lakukan, niatkan hanya untuk Allah ta'ala.

Niat itu sangatlah penting. Karena kita akan mendapatkan nilai sesuai dengan apa yang sudah kita niatkan. Dengan seperti ini, maka tanpa kita sadari hal ini akan muncul sendiri dalam diri.

Mengontrol emosi

Hal ini sangat penting dan termasuk dalam cara belajar ikhlas dan sabar. Dengan mengontrol emosi kita akan menjadi orang yang sabar dan ikhlas ketika menerima segala sesuatu yang tidak kita kehendaki.

Rajin membaca Al-Quran

Dengan membaca Al-Qur'an, hati dan pikiran kita akan menjadi lebih tenang. luangkan waktu untuk membaca Al-Quran setidaknya satu hari satu halaman atau lembar. Akan lebih baik jika membaca beserta arti dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selalu berpikir positif

Usahakan selalu berfikir positif terhadap apa yang menimpa dalam kehidupan kita, maka dengan sendirinya kita akan mampu melatih kesabaran dan keikhlasan.

Ikhlas menerima segala sesuatu dan selalu khusnudzion dengan semua ketetapan yang Allah berikan kepada kita.

Senantiasa mengingat Allah dengan berdzikir

Hanya dengan mengingat Allah SWT, hati akan menjadi tenang. Teruslah mengingat Allah apapun aktivitas yang kita lakukan.

Jangan sampai waktu kita terlewat tanpa mengingat Allah. Lakukan amalan ini dengan cara berdzikir untuk memuji dan memohon ampunan kepada Allah SWT kapanpun dan dimanapun berada.

Bahkan Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ ࣖ

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. ( QS. Al-Baqarah:152 )

Demikian sedikit penjelasan mengenai cara belajar ikhlas dan sabar dalam menjalani kehidupan. Semoga dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.