Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna dibalik lagu Walau Habis Terang - Noah

Makna dibalik lagu walau habis terang - peterpan / noah

Kali ini saya akan membahas tentang makna dibalik lirik lagu "Walau habis terang - Peterpan". Namun sebelum membahas lebih dalam tentang lagu walau habis terang dari peterpan ini mari kita simak terlebih dahulu liriknya

Ku terbiasa tersenyum terang

walau a a a a

hatiku menangis

Kaulah cerita

tertulis dengan pasti

selamanya dalam pikiranku

Peluk tubuhku untuk sejenak

Dan biarkan kita memudar dengan pasti

Biarkan semua seperti seharusnya

Takkan pernah menjadi milikku


Lupakan semua

tinggalkan ini

Ku kan tenang

dan kau kan pergi

Berjalanlah walau habis terang

Ambil cahaya cinta tuk terangi jalanmu

Di antara beribu lainnya

kau tetap..

kau tetap..

kau tetap..

benderang.. 

walau habis terang

Lagu ini merupakan salah satu lagu favorit saya. Pertama kali saya mendengar lagu ini, saya merasa ada makna yang begitu dalam dibalik lagu ini.

Jika diperhatikan, lirik lagu tersebut seperti menggambarkan tentang seseorang yang sedang mengalami sesuatu hal yang buruk dalam hidupnya. Tetapi orang tersebut masih tetap berusaha untuk bangkit walau habis terang.

Kalimat “walau habis terang” disini dapat diartikan sebagai kondisi seseorang yang mendapatkan cahaya terang ( Kesuksesan / kebahagiaan) di dalam hidupnya namun cahaya itu habis menjadi gelap.

makna lagu walau habis terang - noah

Arti walau habis terang dalam kondisi ini adalah dari terang menjadi gelap, seperti yang digambarkan dalam video klipnya yaitu siang yang berangsur angsur menjadi sore kemudian pada akhir video klipnya menjadi malam.

Bisa diartikan sebagai kondisi seseorang yang setelah mendapatkan cahaya terang (kesuksesan / kebahagiaan) dalam hidupnya berubah menjadi hancur dan terpuruk (gelap).

Jika diperhatikan, lirik dan video klip lagu "walau habis terang" ini mempunyai banyak sekali makna yang tersembunyi, awalnya saya mengira itu hanya ketidak sengajaan saja, ternyata itu disengaja.

Ariel diseret mobil

Dilihat dari video klipnya, Mobil yang menyeret ariel ini diibaratkan seperti beban berat dalam kehidupan yang terus menyakiti, menyakiti sang pencipta lagu itu sendiri.

Ariel diseret mobil - walau habis terang

Namun seperti diliriknya “Ku terbiasa tersenyum terang walau hati ku menangis” yang digambarkan pada video klip tersebut memperlihatkan ekspresi Ariel tersenyum dan bernyanyi ketika diseret mobil.

Itu menggambarkan walau sebenarnya Ariel sang pencipta lagu itu merasakan sakit, namun dia mampu untuk tetap tersenyum.

Makna dibalik adegan mobil yang meledak di akhir video klip lagu "Walau habis terang"

Dilihat dari video klipnya, mobil yang menyeret ariel meledak, terbakar dan hancur berkeping-keping.

Filosofi dibalik lagu Walau Habis Terang - NOAH / Peterpan

Ada filosofi dibalik lagu tersebut, ketika mobil meledak hancur berkeping – keping di malam yang gelap sehingga menimbulkan cahaya dari api yang terbakar lalu bermunculan personil lain band peterpan.

Artinya adalah kita harus menghancurkan beban kita sampai berkeping – keping (beban disini digambarkan mobil yang terus – menerus menyeret ariel), lalu setelah beban itu hancur muncullah cahaya (cahaya disini digambarkan adalah api dari mobil yang meledak di malam gelap).

Dan diantara beban–beban kita pasti akan ada orang lain di sekitar kita yang akan membantu, dan kita harus menerima bantuan itu (hal ini digambarkan dimana ketika mobil itu hancur, muncul cahaya api, dan muncul personil peterpan lain yang saling berangkulan).

Quotes dan caption lagu Walau habis terang

Berikut ini quote dan caption yang diambil dari lirik lagu Walau Habis Terang - Peterpan :

Ku terbiasa tersenyum terang walau hatiku menangis

Biarkan semua seperti seharusnya, takkan pernah menjadi milikku 

Lupakan semua tinggalkan ini, Ku kan tenang dan kau kan pergi 

Berjalanlah walau habis terang 

Kesimpulan

Itulah filosofi lagu tersebut menurut versi saya, lagu sederhana tetapi memiliki makna yang begitu dalam. Seperti yang dikatakan dalam lirik lagu tersebut. "Berjalanlah walau habis terang".

Mungkin dapat kita ambil pesan dari lagu tersebut, bahwa dalam kehidupan tak selamanya terang benderang. Akan ada kondisi kita diselimuti kegelapan atau masalah.

Dan jika dalam kehidupan kita sedang dalam masalah ( gelap ) berusaha lah untuk bangkit dan berjalanlah walau habis terang