Ide usaha untuk mahasiswa kost

Ide usaha mahasiswa kost

Sebagai mahasiswa tentunya harus pintar dalam mengelola keuangan. Apalagi jika hanya diberi uang saku yang pas-pasan oleh orang tua. Terkadang harus lebih berhemat agar uang saku bulanan cukup untuk membayar kost dan untuk biaya kehidupan sehari-hari.

Namun dalam keadaan seperti itu, banyak mahasiswa yang kreatif memanfaatkan peluang untuk membuka usaha sampingan di sela kegiatan menjadi mahasiswa. Lalu usaha apakah yang cocok untuk mahasiswa kost yang dapat menghasilkan keuntungan lumayan?

Berikut ini beberapa ide usaha untuk mahasiswa kost

Karena keterbatasan dalam hal modal, tempat dan peralatan. Bisnis yang cocok dikerjakan oleh mahasiswa kost adalah yang tidak perlu menyewa kios dan lain-lain. Jadi murni mengandalkan keterampilan dan pengetahuan.

1. Bisnis dropship

Bisnis ini cocok dikerjakan oleh mahasiswa kost. Karena bisa dikerjakan tanpa modal. Kamu dapat memanfaatkan smartphone atau laptop yang kamu punya sebagai sarana untuk menjalankan bisnis ini.

Ide bisnis untuk mahasiswa kost - dropship

Caranya adalah mengiklankan produk milik orang lain dengan menaikkan harga jual sehingga dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli. Bisa dibilang, hanya sebagai perantara atau makelar. 

Tips menjalankan bisnis dropship untuk mahasiswa kost

  • Mencari toko online yang menjual barang dengan harga murah. Kamu dapat membuka toko online gratis di marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan Lazada.
  • Jual produk yang paling laku dan banyak dicari pembeli
  • Memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi

Untuk belajar menjadi dropshiper, kamu dapat mempelajarinya dengan membaca artikel di google atau melalui youtube. Disana banyak sekali yang membahas cara menjalankan bisnis dropship.

2. Jasa pembuatan website atau blog

Bisnis ini bisa dikerjakan tanpa modal sama sekali. Murni menggunakan keterampilan dan pengetahuan. Terlebih jika kamu adalah seorang mahasiswa jurusan ilmu komputer, sistem informasi, atau informatika. Tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya website.

Ide usaha mahasiswa kost - jasa pembuatan website

Diluar sana banyak yang tidak bisa membuat website, dan mencari jasa pembuatan website. Kamu bisa mencoba menawarkan jasa pembuatan website kepada mereka yang membutuhkan jasa ini.

Cobalah untuk mempromosikan jasa kamu di website freelance seperti Sribulancer, sampingan, panggilin dan lain sebagainya. Kamu juga dapat menawarkan jasamu melalui media sosial.

3. Bisnis Pulsa dan PPOB

Bisnis ini menjadi pilihan yang banyak dijalankan oleh mahasiswa, karena tidak memerlukan modal yang besar. Jualan pulsa tidak perlu harus membuka konter. Kamu bisa langsung berjualan dengan mempromosikan di lingkungan kampus, kost dan secara online dengan memanfaatkan platform marketplace seperti shopee. 

Jualan pulsa dan PPOB

Kamu dapat membaca artikel cara jualan pulsa di shopee yang sudah saya tulis di blog ini. Di artikel tersebut saya membahasnya secara lengkap beserta tips jualan pulsa agar untung banyak.

Yang perlu dihindari dalam bisnis ini adalah jangan ada yang bon atau ngutang. Karena bisa menggangu cashflow usaha kamu. Apalagi jika ada yang tidak membayar, bukannya untung justru malah rugi.

4. Menjadi blogger atau youtuber

Banyak mahasiswa yang menjalankan profesi sebagai blogger dan youtuber. Justru banyak diantara mereka yang sukses menjalankan profesi ini. Menjadi blogger dan youtuber bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan.

Blogger dan YouTuber

Para blogger dan youtuber mendapatkan uang dari iklan adsense, endorse, affiliasi dan masih banyak lagi. Kamu dapat memulainya dengan membuat konten yang menarik seperti kegiatan sehari-hari sebagai mahasiswa, dan masih banyak ide konten lainnya. 

Pilihlah konten yang kamu kuasai dan diminati. Yang terpenting dalam membuat konten untuk blog ataupun youtube adalah konsisten. Kamu dapat mempelajari cara menjadi blogger dan youtuber di google.

5. Penulis artikel

Jika kamu seorang blogger, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya artikel. Artikel adalah isi sebuah website atau blog. Membuat artikel itu gampang-gampang susah. Dibutuhkan konsisten dan kesabaran. Banyak para blogger yang tidak konsisten membuat artikel, malas, tidak ada ide dan sebagainya.

Jasa penulis artikel

Banyak diantara mereka yang lebih memilih membeli artikel yang sudah jadi untuk di publish di blog mereka. Maka dari itu, ini menjadi peluang yang menjanjikan. Kamu dapat menawarkan jasa penulisan artikel kepada mereka. Cobalah untuk menawarkan di platform online seperti web freelance, sosial media dan lain-lain.

Untuk setiap artikel yang dibuat, kamu bisa menjualnya kepada pemilik blog atau website dengan harga mulai dari Rp 10.000 s/d Rp 50.000 tergantung kualitas artikel yang kamu buat.

6. Menjual makanan dan cemilan

Bisnis makanan adalah bisnis sepanjang masa. Semua orang butuh makan, maka dari itu kamu bisa dengan mudah menjualnya. Di lingkungan kampus, kamu bisa menawarkan makanan kepada mahasiswa lain dengan sistem pre order. Artinya tanpa modal sedikit pun.

Jualan makanan dan cemilan

Caranya adalah dengan bekerja sama dengan pemilik warung makanan yang kamu kenal. Ketika ada yang memesan makanan, kamu bisa mengabari pemilik warung untuk dibuatkan makananya. Lalu kamu bisa mengantarkannya kepada pembeli. 

Beberapa makanan yang bisa dijual antara lain:

  • Nasi dan lauk
  • Cemilan atau snack
  • Kue kering
  • Gorengan

7. Jual barang bekas atau second

Jualan barang bekas

Menjual barang bekas merupakan pilihan usaha yang cukup menguntungkan. Kamu dapat membeli barang-barang bekas dari orang lain lalu dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Barang-barang bekas yang dimaksud disini adalah barang bekas layak pakai antara lain :

  • Handphone
  • Laptop
  • Kamera
  • Peralatan elektronik
  • Pakaian, baju dan sepatu, dan lain-lain

Tak jarang kamu bisa mendapatkan untung besar dari jual beli barang bekas ini. Karena terkadang banyak yang menjual barang dengan harga murah karena sedang butuh uang. Contohnya Handphone, banyak yang masih bagus atau like new. Sehingga kamu dapat menjualnya dengan harga tinggi dan mendapatkan untung besar.

8. Jasa penerjemah

Banyak yang membutuhkan jasa penerjemah dokumen dan sebagainya. Jika kamu mahir bahasa asing, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi penerjemah. Banyak dokumen atau karya ilmiah yang harus diterjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia serta sebaliknya.

Jasa penerjemah

Kamu bisa menawarkan jasa menerjemahkan dokumen melalui situs freelancer. Di situs ini banyak sekali yang membutuhkan jasa ini. Tarifnya pun juga cukup lumayan. Bahkan ada yang rela membayar mahal untuk sebuah dokumen yang diterjemahkan.

9. Les privat

Bisnis ini cocok untuk kamu yang mahasiswa jurusan pendidikan. Target pasarnya adalah siswa sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA sederajat. Bisnis ini tanpa modal dan murni hanya mengandalkan ilmu pengetahuan.

Ide usaha mahasiswa kost

Banyak orang tua yang membutuhkan jasa les privat untuk anaknya agar tetap berprestasi dalam hal akademik. Ini bisa menjadi peluang untuk kamu mendapatkan penghasilan di sela kegiatan sebagai mahasiswa.

Les privat yang biasanya dibutuhkan adalah les membaca, matematika, bahasa inggris, baca alqur’an dan lain-lain.

Rata-rata pengajar les privat dapat dibayar mulai dari Rp 50.000 s/d Rp 200.000 per sesi. Namun ada juga yang membayarnya dalam periode bulanan.

10. Ojek online dan jasa antar jemput

Ide usaha lain yang dapat dikerjakan di sela kegitan menjadi mahasiswa adalah ojek online dan jasa antar jemput. Untuk kamu yang memiliki kendaraan misalnya motor. Kamu bisa mendaftarkan diri di platform ojek online seperti Gojek dan lain-lain.

Menjadi ojek online

Rata-rata para pengemudi ojek online ini bisa mendapatkan penghasilan harian Rp 100.000 s/d Rp 200.000. Banyak para mahasiswa yang menekuni profesi ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Penutup

Ada banyak ide bisnis yang dapat dikerjakan oleh mahasiswa kost. Meskipun terbatas dalam hal modal, tempat dan lain-lain. Kamu tetap dapat menjalankan bisnis yang menguntungkan. Terlebih lagi sekarang sudah jamannya serba online. 

Ini menjadikan keuntungan dalam menjalankan bisnis tanpa membutuhkan modal yang besar. Yang dibutuhkan hanyalah keterampilan dan kemauan. Demikian semoga artikel tentang ide usaha mahasiswa kost ini bermanfaat sebagai gambaran untuk kamu seorang mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis.