Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengamankan akun Facebook dari serangan hacker

Cara mengamankan akun Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Dengan banyaknya akun pengguna Facebook, tak heran jika banyak oknum yang mencoba mencari keuntungan secara ilegal dengan cara meretas akun seseorang.

Para hacker biasanya menyerang akun Facebook dengan tujuan untuk diambil alih, untuk melakukan penipuan dan bahkan ada yang memperjual belikan akun Facebook untuk keperluan tertentu.

Kamu mungkin pernah mengalami atau setidaknya pernah mendengar kabar tentang akun Facebook teman kamu diretas. Tanda-tandanya adalah akun tidak bisa diakses dan sering menampilkan postingan yang tidak pernah dilakukan.

Lebih parahnya, para hacker biasanya menggunakan akun yang berhasil diretas untuk melakukan penipuan.

Sebelum semua itu terjadi, sebaiknya kamu berhati-hati dan waspada. Kamu bisa mencoba tips-tips berikut ini agar akun kamu aman dari serangan para hacker.

Cara mengamankan akun Facebook agar tidak mudah di hack

Sebenarnya Facebook sudah memberikan banyak fitur untuk mengamankan akun facebook agar tidak mudah di hack oleh orang lain. Namun kebanyakan dari kita tidak tahu untuk menggunakan fitur tersebut. Maka dari itu, disini saya akan merangkumkan nya untuk teman-teman semua.

1. Ganti password dengan kombinasi yang rumit

Jika kamu sekarang memakai password yang mudah ditebak, sebaiknya kamu segera mengganti password dengan kombinasi yang rumit.

Contoh password yang aman

Mengganti password adalah cara paling cepat dan mudah untuk mengamankan akun Facebook dari serangan hacker.

Tips memakai password yang aman dari serangan hacker :

  • Sebaiknya gunakan password dengan jumlah minimal 10 karakter. 
  • Padukan antara huruf besar dan kecil, angka, serta tanda baca apapun yang memungkinkan. 
  • Semakin rumit dan panjang password kamu, maka semakin sulit bagi hacker untuk melakukan pembobolan.

Cara ini cukup ampuh untuk melindungi akun Facebook kamu. Sebaiknya mengganti password secara berkala setidaknya setiap 6 bulan sekali.

2. Jangan menggunakan fitur ‘remember password’ di perangkat umum

Jika kamu mengakses akun Facebook dari perangkat yang bukan milik kamu, misalnya di komputer kampus, kantor atau warnet, jangan mengaktifkan fitur ‘remember password’.

Ilustrasi warnet

Bila tidak terlalu penting dan mendesak, sebaiknya kamu tidak melakukan login ke Facebook menggunakan perangkat umum.

Karena biasanya para hacker sering memanfaatkan komputer umum untuk meretas akun seseorang dengan menanamkan program yang bisa merekam aktivitas kamu saat menggunakan perangkat umum.

3. Mengaktifkan fitur ‘Peringatan Login’

Facebook memiliki fitur yang sangat berguna yaitu ‘Peringatan Login’, Jika kamu mengaktifkan fitur ini, maka facebook akan langsung memberikan notifikasi apabila akun Facebook kamu diakses dari perangkat atau browser yang tidak dikenali. Tidak hanya itu, fitur ini juga akan memberikan informasi perangkat apa yang mencoba login beserta lokasinya.

cara mengaktifkan fitur peringatan login di facebook

Cara mengaktifkan fitur 'Peringatan login' di facebook

  1. Buka Facebook lewat browser dan klik tanda panah ke bawah di pojok kanan atas
  2. Lalu pilih Pengaturan & Privasi
  3. klik Pengaturan -> pilih Keamanan dan Info Login
  4. Scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom Dapatkan Peringatan Tentang Login Tidak Dikenal
  5. Pilih Dapatkan Pemberitahuan melalui opsi yang Anda inginkan, misalnya Notifikasi, Messenger, atau Email
  6. Lalu simpan Perubahan.
Fitur ini akan sangat berguna untuk mengetahui apabila ada seseorang yang mencoba login di akun kamu. sehingga kamu dapat lebih waspada dan berjaga-jaga.

4. Menyembunyikan informasi kontak

Di Facebook kita bisa mengatur informasi apa saja yang ditampilkan pada halaman profil. Untuk itu, Sebaiknya kamu menyembunyikan informasi kontak agar tidak dimanfaatkan oleh para hacker untuk meretas akun kamu.

Cara menyembunyikan informasi kontak di facebook

Caranya sangat mudah, simak dibawah ini:
  1. Buka facebook
  2. Pada pengaturan akun, pilih Informasi pribadi
  3. Pilih Info kontak
  4. Pada halaman kelola info kontak, atur info telepon dan email pada 'Hanya saya'

cara menyembunyikan informasi kontak di facebook

Informasi kontak yang sebaiknya disembunyikan antara lain :
  • Email
  • Nomer Telepon
Kamu juga sebaiknya menyembunyikan informasi atau data pribadi seperti, tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya. Dengan seperti itu, para hacker akan sangat kesulitan untuk meretas akun kamu.

5. Mengaktifkan Two-Factor Authentication ( Autentikasi Dua-Faktor )

Autentikasi Dua-Faktor adalah fitur yang akan meminta kode rahasia jika kamu ingin login dari perangkat baru. Kode rahasia ini akan muncul pada perangkat yang kamu pakai sebelumnya.

cara mengaktifkan autentikasi dua faktor di facebook


Misal sebelumnya kamu login via smartphone. Jadi selama smartphone tetap di tangan kamu, orang lain tidak akan mengetahui kode rahasia yang dikirimkan. Fitur ini sangat berguna untuk mengamankan akun facebook kamu.

Cara mengaktifkan autentikasi dua faktor

  1. Buka Facebook lewat browser dan klik tanda panah ke bawah di pojok kanan atas
  2. Pilih Pengaturan & Privasi
  3. klik Pengaturan
  4. pilih Keamanan dan Info Login
  5. Scroll ke bawah lalu klik Edit di kolom
  6. Gunakan autentikasi dua-faktor.
Dengan fitur ini, meskipun hacker sudah tahu password kamu, dia tidak akan bisa masuk ke akun facebook kamu tanpa memasukkan kode autentikasi yang dikirimkan di perangkat yang kamu pakai.

6. Menambahkan kontak terpercaya di facebook

Fitur ini berfungsi untuk membantu apabila kamu kesulitan mengakses akun facebook. Jika kamu tidak bisa mengakses akun Facebook, tetapi sudah menyiapkan Kontak Tepercaya, kamu bisa meminta bantuan dari kontak itu untuk mengakses kembali akun kamu.

menambahkan kontak terpercaya facebook

Jika belum menyiapkan Kontak Tepercaya, sebaiknya kamu mulai menambahkan 3 hingga 5 kontak terpercaya untuk membantu kamu apabila mengalami kesulitan mengakses facebook.

Bisa dibilang fitur ini adalah penyelamat atau jalan terakhir apabila kamu tidak bisa login di akun facebook karena lupa password, email dan lain-lain.

Cara mengakses atau login akun facebook lupa password dan email

Itulah pentingnya menambahkan kontak terpercaya facebook, jika kamu mengalami kesulitan login, lupa password dan email. Selagi kamu sudah menambahkan kontak terpercaya, kamu masih bisa mengakses kembali akun kamu.

Cara membuat kode pemulihan untuk Kontak Tepercaya:

  1. Buka facebook di komputer, lalu klik Lupa akun? di halaman login.
  2. Jika diminta, cari akun kamu dengan memasukkan email, nomor telepon, nama pengguna, atau nama lengkap, lalu klik Cari.
  3. Lihat daftar alamat email yang tercantum di akun kamu. Jika kamu tidak memiliki akses ke semua alamat email ini, klik Tidak punya akses ke sini lagi?.
  4. Masukkan email atau nomor telepon baru yang bisa Anda akses, lalu klik Lanjutkan.
  5. Klik Tampilkan kontak tepercaya saya dan ketikkan nama lengkap salah satu kontak tepercaya kamu.
  6. Kamu akan melihat beberapa petunjuk yang menyertakan tautan khusus. Tautan tersebut berisi kode pemulihan yang hanya bisa diakses Kontak Tepercaya kamu.
  7. Untuk mendapatkan kode pemulihan dari Kontak Tepercaya kamu
  8. Kirim tautan itu ke teman kamu dan minta mereka membukanya.
  9. Tautan mereka akan berisi kode login. Minta kode login kepada mereka.
  10. Gunakan kode pemulihan dari kontak tepercaya untuk mengakses akun kamu.

7. Jangan asal klik link di Facebook

Jika kamu melihat ada teman atau orang lain yang membagikan link di Facebook, Sebaiknya kamu jangan sembarangan klik link tersebut.

Bisa jadi itu adalah link Phising, yang bisa mengambil data login facebook kamu. Sehingga hacker bisa menggunakan data login untuk meretas akun kamu.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengamankan akun Facebook kamu agar tidak mudah di hack oleh orang lain. Sebaiknya langsung kamu coba agar akun kamu aman dari serangan hacker.

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat lagi untuk orang lain.