Cara mendapatkan komisi shopee affiliate

Cara mendapatkan komisi shopee affiliate

Cara mudah mendapatkan komisi shopee affiliate – Jika kamu baru saja mendaftar di program shopee affiliate namun masih bingung cara kerjanya dan bagaimana cara mendapatkan komisi?. Tidak perlu khawatir, di artikel ini saya akan sedikit membahas beberapa cara untuk menjalankan bisnis shopee affiliate agar dapat menghasilkan komisi.

Apa itu Shopee affiliate?.

Shopee affiliate adalah sebuah program dari marketplace shopee yang mengajak para content creator untuk mempromosikan produk-produk yang dijual di shopee. Sistemnya sama saja dengan affiliate marketing. Yaitu dengan cara membagikan link, ketika ada penjualan dari link yang kita bagikan, kita akan mendapatkan komisi.

Biasanya untuk mendaftar program affiliate marketing ada syarat tertentu yaitu harus punya website atau blog terlebih dahulu. Namun bedanya shopee affiliate, kita tidak harus mempunyai website untuk ikut program ini. Kita hanya perlu menggunakan social media untuk menjalankan bisnis ini. Bahkan untuk mendaftar shopee affiliate pun bisa hanya dengan menggunakan akun sosial media pribadi yang kita punya.

Cara mendapatkan komisi shopee affiliate

Seperti pepatah ‘Banyak jalan menuju roma’ artinya banyak cara untuk mencapai suatu tujuan. Sama halnya dalam bisnis ini, Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan komisi shopee affiliate. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Cara gratisan atau tanpa modal

Cara yang satu ini sangat mudah, setiap orang bisa melakukannya. Karena tidak memerlukan modal dan keahlian khusus. Yaitu hanya perlu membagikan atau share link shopee affiliate agar memperoleh klik dan penjualan dari link yang kita bagikan.

Cara gratisan dapat komisi shopee affiliate

Kamu dapat memanfaatkan akun social media untuk mempromosikan link shopee affiliate. Beberapa social media yang bisa kamu pakai untuk promosi antara lain :

  • Facebook
  • Instagram
  • Whatsapp messenger
  • Tiktok
  • Youtube

Untuk cara promosi shopee affiliate melalui social media, kamu bisa membacanya di artikel ini : Cara share link Shopee Affiliate

Jika kamu mempunyai website atau blog kamu bisa memanfaatkannya untuk promosi agar jangkauannya lebih luas. Umumnya jika menggunakan blog, kamu bisa membuat konten artikel tentang review atau rekomendasi suatu produk. Jika menggunakan blog atau website, setidaknya kamu harus paham mengenai SEO.

Meskipun dengan cara gratisan, banyak yang sukses mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah. Tergantung strategi kamu dalam mempromosikannya. Rata-rata mereka yang mendapatkan banyak komisi di shopee affiliate menggunakan akun publik untuk mempromosikan link shopee affiliate.

Contohnya para selebgram yang mempunyai banyak follower di Instagram, Tiktok, Facebook

 dan Youtube. Mereka dengan sangat mudah mendapatkan banyak komisi karena sudah mempunyai audience yang banyak.

Cara berbayar atau Iklan

Cara berbayar untuk dapat komisi shopee affiliate

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak komisi di shopee affiliate, kamu bisa mencoba cara ini. yaitu dengan beriklan atau membayar sejumlah uang. Beberapa cara berbayar yang biasanya orang lakukan antara lain :

Beriklan di Google ads

Dengan beriklan di Google ads, kamu bisa memperoleh klik yang berkualitas. Maksudnya adalah setiap klik yang berasal dari Google biasanya adalah klik yang mempunyai konversi lebih tinggi daripada klik yang berasal dari social media.

Google ads to shopee affiliate

Karena orang yang mencari produk dan mengetikkan kata kunci tertentu di google, biasanya sudah siap untuk membeli. Contohnya : ketika orang mencari kemeja batik di google, lalu muncul iklan kamu. Orang tersebut akan langsung klik iklan kamu yang mengarah ke shopee sehingga kemungkinan orang itu akan membeli sangat tinggi.

Beriklan di Facebook ads dan Instagram Ads

Berbeda dengan Google ads, Saluran iklan lain yang cukup potensial adalah facebook ads dan Instagram ads. Beriklan di facebook terbilang cukup murah. Dan jangkauannya pun sangat luas. Dengan beriklan di facebook, kamu bisa mentargetkan iklan sesuai dengan keinginan kamu.

facebook ads to shopee affiliate

Kamu dapat mentargetkan iklan sesuai jenis kelamin, umur, lokasi, minat dan lain-lain. Untuk cara beriklan di Facebook, kamu harus membuat akun Facebook Bussiness Manager. Akun bisnis di Facebook ini  berbeda dengan akun pribadi. Akun bisnis digunakan untuk mengelola iklan di Facebook.

Keuntungan lain jika beriklan di Facebook ads dan Instagram ads adalah jika konten promosi kamu viral,  kamu bisa mendapatkan traffik dan engagagement yang banyak namun dengan biaya yang rendah.

Endorse atau paid promote

endorse shopee affiliate

Cara yang satu ini cukup potensial dan cocok untuk kamu jadikan pilihan untuk mempromosikan link Shopee affiliate. Paid promote adalah cara beriklan yang mengajak kerjasama dengan membayar kepada sebuah akun yang memiliki engagement yang tinggi, baik itu selebgram, atau influencer atau akun publik lainnya.

Menurut cerita teman saya yang pernah memakai jasa paid promote di instagram untuk mempromosikan link shopee affiliate hasilnya sangat memuaskan. Dia mendapat banyak klik dan penjualan dari link yang dibagikan. Biaya yang dia keluarkan untuk membayar jasa paid promote juga termasuk murah. Maka dari itu, kamu bisa mencoba cara ini untuk mendapatkan komisi shopee affiliate.

Tips endorse atau paid promote untuk promosi link shopee affiliate

  • Pilih selebgram yang punya engagement tinggi.

Dengan engagement yang tinggi, maka link yang kamu promosikan akan berpeluang memperoleh klik yang banyak. Maka dari itu, diperlukan riset terlebih dahulu sebelum memilih jasa paid promote dari selebgram maupun influencer.

  • Jangan terlalu fokus pada jumlah followers

Engagement tidak ditentukan seberapa banyaknya followers. Karena sekarang ini mudah saja orang membeli follower untuk membuat akunnya terlihat kredibel. Akun publik atau selebgram yang membeli follower biasanya hanya terlihat punya banyak follower namun mempunyai engagement atau interaksi yang rendah

  • Tentukan waktu yang tepat untuk posting paid promote

    Biasanya, penyedia jasa paid promote akan memberikan pilihan waktu untuk posting promosi kamu. Cobalah untuk meminta promosi pada waktu ‘Prime time’ atau waktu yang biasanya orang-orang bersantai contohnya saat jam-jam makan siang, pulang kantor dan malam hari. Dengan begitu, promosi kamu akan berpeluang dilihat oleh lebih banyak audience.

    Penutup

    Itulah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mempromosikan link shopee affiliate agar mendapatkan banyak komisi. Dan masih ada banyak cara lain yang bisa dilakukan. Lakukan riset dan atur strategi marketing yang baik agar promosi kamu masksimal dan mendapatkan target komisi yang kamu harapkan.

    Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman pembaca yang sedang mencari informasi tentang cara mendapatkan komisi shopee affiliate. Bagikan artikel ini agar bermanfaat untuk orang lain.