Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan cara hack password wifi. Bisa bobol wifi tetangga

cara hack atau membobol password WiFi

Mungkin kamu pernah ada keinginan untuk mencoba hack atau membobol password wifi di sekitar kamu?. Mau mencoba bobol wifi tetangga?. Saya sendiri pernah, saat di suatu tempat yang jaringan selulernya sangat minim dan bahkan untuk sekedar mengirim pesan whatsapp saja tidak bisa. 

Kebetulan, di sekitar tempat itu ada jaringan wifi. Lalu muncul lah keinginan untuk mencoba hack password wifi tersebut. Niat awalnya adalah hanya untuk keperluan mengirim pesan WhatsApp. Karena memerlukan koneksi yang lebih stabil, akhirnya muncul keinginan untuk membobol password wifi.

Akhirnya saya coba untuk menyambungkan wifi dengan memasukkan berbagai password. Istilahnya saya hanya menebak-nebak password wifi, berharap dapat menyambungkan ponsel saya pada wifi tersebut. Setelah dicoba berkali-kali ternyata tidak bisa.  

Karena memang setiap jaringan WiFi itu biasanya dikunci dengan proteksi keamanan WPA / WPA2. Namun meskipun sudah diamankan dengan proteksi WPA / WPA2 bukan berarti jaringan wifi tidak bisa dibobol, tetap masih ada celah untuk membobol password wifi tersebut.

Lalu bagaimana cara yang hacker lakukan untuk membobol password WiFi dengan mudah?.

Cara membobol atau hack password wifi

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membobol password wifi.

1. Mereset Router

Cara ini merupakan yang paling mudah yang biasa dilakukan oleh hacker. Yaitu dengan cara melakukan reset router. Setiap router wifi memiliki fitur yang digunakan untuk mereset password wifi. Caranya dengan menekan tombol reset yang biasanya berbentuk sebuah lubang pada perangkat router. 

cara reset router wifi

Tekan dengan menggunakan paperclip selama kurang lebih 10 detik maka router akan kembali ke settingan pabrik. Sehingga kamu dengan mudah membobol wifi tersebut. Cara ini cukup efektif untuk membobol password WiFi Indihome atau provider internet lainnya.

Catatan : 

Ini sebenarnya bukan cara membobol wifi, tapi merupakan cara untuk mereset password wifi apabila kamu lupa password wifi dirumah kamu. Tapi kemungkinan ada orang-orang yang nekat menggunakan cara itu untuk membobol wifi tetangga. Tindakan seperti itu merupakan ilegal dan termasuk tindakan kejahatan yang bisa dipidanakan.

2. Menggunakan aplikasi Wifi Warden

aplikasi hack password wifi

Cara lain untuk hack password wifi adalah dengan menggunakan aplikasi android yang bernama Wifi warden. Aplikasi ini cukup berguna untuk membobol password wifi, prinsip kerja aplikasi ini adalah dengan mengacak beberapa password wifi target.

cara hack password wifi

Untuk membobol password wifi menggunakan Aplikasi wifi warden sangatlah mudah, kurang lebihnya seperti gambar diatas. Berikut ini caranya :
  1. Pertama download aplikasi WiFi Warden
  2. Jalankan aplikasinya dan pilih WiFi yang akan dijadikan target
  3. Lanjut dengan klik connect. 
  4. Pilih connect using WPS
  5. Klik calculate PIN
  6. Lalu klik Try all PIN
  7. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
Wifi warden akan mencoba atau mengacak password wifi target. Jika berhasil, berarti keamanan password wifi target mudah dibobol.

Catatan : 

Cara ini hanya berhasil jika keamanan password wifi target sangat lemah. Seperti password wifi yang berupa angka 12345678, 12341234, 11223344 dan kombinasi angka yang mudah ditebak.

Namun ada kalanya, menggunakan aplikasi tersebut tidak semua wifi dapat dibobol. Tergantung dari tingkat keamanan password wifi yang dijadikan target. Jika menggunakan cara diatas tidak berhasil membobol wifi, kamu bisa coba cara lain.

3. Menggunakan aplikasi WiFi QRCode Password Scanner

Aplikasi ini cukup sederhana dan jika kita sedikit kreatif menggunakan aplikasi ini, kita bisa memakainya untuk hack password wifi. Simplenya aplikasi ini berfungsi untuk scan Wifi QRCode lalu menampilkan password wifi. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa mengetahui password wifi target.

cara membobol password wifi
Cara membobol password wifi dengan aplikasi ini sangatlah mudah, berikut ini caranya :
  1. Pertama, temukan atau cari teman di sekitar kamu yang sudah tersambung wifi target
  2. Lalu minta tolong atau kamu bisa berpura-pura meminjam ponselnya sebentar untuk membuka fitur wifi pada ponselnya.
  3. Pada jaringan wifi yang tersambung, klik icon QR code disebelah kanan nama jaringan wifi target.
  4. Maka akan tampil QR code
  5. Lalu Scan QR code tersebut menggunakan aplikasi WiFi QRCode password scanner.
  6. Maka aplikasi tersebut akan menampilkan password wifi target.
Contohnya seperti gambar dibawah ini

cara hack password wifi

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa mengatahui password wifi target dengan mudah.

Catatan : 

Cara ini biasanya sering dipakai untuk membobol wifi tetangga. Dengan cara memanfaatkan ketidaktahuan anggota keluarga yang mempunyai wifi. Orang yang membobol wifi ini biasanya berpura-pura meminjam HP target ( biasanya anak atau ibu target ) lalu melakukan scanning untuk mengetahui password wifi.

4. Menggunakan Deauther wifi hack atau Wifi Phiser

Cara lain untuk hack atau membobol wifi adalah menggunakan alat yang bernama Deauther wifi hack. Alat ini biasanya digunakan para hacker untuk membobol password wifi. Cara kerja alat ini adalah dengan memutus koneksi wifi target lalu melakukan cloning atau membuat jaringan wifi palsu.
alat hack wifi

Cara menggunakan alat ini :

  1. Sambungkan alat ini ke ponsel. Dengan cara memasukkan port USB yang tersedia pada lubang charger ponsel kamu.
  2. Selanjutnya buka web browser lalu ketik 192.168.4.1/admin
  3. Select target
  4. Start deauthing
  5. Start eviltwin

Simulasi penyerangan dengan alat ini

cara hack wifi

Alat ini akan melakukan deauthing atau memutuskan koneksi antara client (pengguna wifi) dan AP (Access Point). Setelah melakukan deauthing alat ini akan melakukan clone wifi target.

Setelah target mengkoneksikan ke wifi clone, dia akan langsung menuju web login atau phising agar target memasukkan passwordnya, jika target memasukan password dihalaman web login akan divalidasi terlebih dahulu. Jika target memasukan kata sandi yang benar maka penyerangan berakhir.

Penutup

Itulah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk hack atau membobol password wifi. Beberapa cara diatas sudah pernah saya coba praktekkan dan berhasil membobol password wifi tetangga saya hehe.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membobol password wifi, namun tidak semuanya saya tulis di artikel ini. Setiap hacker pasti punya caranya sendiri untuk melakukan aksinya tergantung skill dan kreativitas masing-masing.

Kamu bisa mencobanya dari cara yang termudah, semoga artikel ini bermanfaat. Artikel ini akan saya update jika ada perkembangan terbaru mengenai cara hack password wifi.

Catatan :

Perlu diperhatikan, artikel yang saya tulis diatas membahas beberapa cara hack password wifi. Namun perlu diingat, bahwa cara yang saya bagikan bukan bertujuan agar kamu berbuat jahat, melainkan hanya sebagai informasi agar kamu tahu bagaimana cara hacker meretas jaringan WiFi.

Jika kamu berhasil membobol password wifi dengan cara diatas, gunakan dengan bijak dan seperlunya. Jangan mencoba untuk mengganti password wifi pemiliknya dengan masuk ke halaman admin access pointnya. Karena itu bisa termasuk ranah kejahatan IT.