Bisnis modal kecil untung besar

Bisnis modal kecil untung besar

Jika kamu berencana ingin menjalankan bisnis namun terkendala dengan modal yang minim?. Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa bisnis yang dapat dijalankan dengan modal kecil namun dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar, untuk kamu yang memiliki modal yang terbatas kamu tetap punya kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan. Kunci dalam menjalankan bisnis adalah strategi marketing dan pengelolaan keuangan yang baik. Walaupun punya modal besar kalau tidak bisa mengelola bisnis ya bisa bangkrut juga.

Berikut ini beberapa contoh bisnis modal kecil namun dapat menghasilkan untung yang besar.

1. Jualan Mie ayam

Bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak ada matinya. Karena setiap orang pasti butuh makan. Jika membahas mengenai hukum supply and demand, maka permintaan terhadap makanan akan selalu ada. Salah satu contoh bisnis kuliner yang potensial adalah Jualan Mie ayam.

Jualan mie ayam

Di dekat rumah saya ada penjual mie ayam yang sudah berpuluh-puluh tahun tetap eksis. Walaupun letak warungnya didalam pelosok desa, dan warungnya pun sangat sederhana namun nyatanya dapat berkembang hingga saat ini.

Itu artinya bahwa jualan Mie ayam walaupun terlihat kecil namun dapat menghasilkan untung yang sangat besar. Menurut penjualnya, rata-rata sehari bisa menjual setidaknya 50 mangkok Mie ayam. Dengan harga per mangkoknya Rp 7.000 artinya sehari bisa mendapatkan omset Rp 350.000.

Itu baru dari mie ayam saja, belum lagi ditambah dari penjualan minuman seperti es teh, dan lain-lain. Contohnya harga satu gelas es teh Rp 3.000. Rata-rata orang membeli Mie ayam beserta es teh nya. Itu artinya, sehari berjualan bisa mendapatkan omset Rp. 500.000.

Kunci sukses dalam menjalankan bisnis ini antara lain :

  • Tempat yang strategis
  • Pelayanan yang ramah
  • Kebersihan makanan dan tempat

Memang jualan makanan itu adalah usaha yang paling menguntungkan, terutama jika enak dan murah. Ini bisa dijadikan pilihan kamu untuk membuka usaha dengan modal kecil.

2. Jualan sayur keliling

Bisnis jualan sayur keliling meskipun sering dianggap remeh tapi menghasilkan untung yang besar.

Banyak yang tidak tahu ternyata jualan sayur memiliki margin yang cukup besar. Maka tidak heran, banyak yang sukses dari bisnis ini.

jualan sayur keliling

Namun untuk bisa dapat keuntungan yang besar dari berjualan sayur keliling maka kita perlu mengatur strategi yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan jika ingin memulai usaha jualan sayur keliling.

Survey lokasi usaha

Hal ini penting, sebelum mulai jualan sebaiknya cari lokasi yang akan kita jadikan rute keliling untuk jualan sayur. Psstikan tempat tersebut belum ada penjual sayur lain atau setidaknya minim persaingan.

Tempat yang potensial adalah wilayah pemukiman dan perumahan yang padat yang masih jarang dilalui penjual sayur lain. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah dalam menjalankan usaha.

Cobalah untuk menanyakan pada warga sekitar apakah didaerah tersebut sudah ada pedagang sayur keliling. Jika ada tanyakan pada jam berapa pedagang umumnya berjualan, ini akan memudahka kamu untuk berjualan pada jam yang berbeda atau mencari area lain yang belum dilewati pedagang sayur keliling.

Pahami jenis sayur dan dagangan yang akan dijual

Setidaknya kamu harus tahu jenis sayur yang sering dibeli dan harga pasarannya, beberapa sayur hijau seperti bayam, kangkung, dan sejenisnya biasanya tidak tahan lama, sebaiknya tidak membawa terlalu banyak untuk meminimalisir kerugian apabila tidak laku terjual.

Untuk sayur dan dagangan lain seperti bawang merah dan putih, kentang, mentimun dan lainnya. Biasanya memiliki daya tahan yang lebih lama sehingga jenis ini bisa saja dibeli dalam jumlah lebih banyak terutama disaat harga murah.

3. Jualan aneka minuman ( Es teh, Pop ice & Kopi )

Es teh adalah minuman yang sederhana namun banyak peminatnya. Karena dapat menghilangkan dahaga. Ternyata bisnis jualan es teh dan aneka minuman lain sangat menjanjikan dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Jualan aneka minuman

Modal untuk menjalankan bisnis ini cukup kecil dan cukup memakai gerobak dan mangkal di pinggir jalan yang ramai. Pembeli pun akan datang silih berganti. Dengan modal yang relatih kecil kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Kunci dalam menjalankan bisnis ini adalah cari tempat yang strategis dan dilalui banyak pengendara. Biasanya orang yang sedang dalam perjalanan akan berhenti sejenak untuk istirahat dan minum es agar badan kembali segar. Pastikan tempat untuk berjualan cukup nyaman dan bersih.

Tempat yang potensial untuk menjalankan bisnis ini diantaranya :

  • Dekat dengan SPBU atau Pom bensin
  • Dekat dengan masjid
  • Dekat dengan terminal dan stasiun
  • Dekat dengan kantor dan fasilitas umum

Tempat-tempat diatas adalah yang biasanya cukup ramai dan sangat potensial untuk kamu berjualan aneka minuman.

Penutup

Itulah beberapa contoh ide bisnis modal kecil untung besar. Dan masih banyak lagi ide bisnis yang menjanjikan. Jangan pernah takut untuk memulai usaha. Punya modal kecil maupun besar sama-sama memiliki peluang yang sama untuk sukses.

Yang terpenting adalah kemauan dan dan ketelatenan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua.