Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang bisnis di desa


peluang bisnis di desa

Mungkin banyak diantara kita yang tinggal di desa sering merasa bingung harus membuka usaha apa yang dapat berkembang dan dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Meskipun ada banyak sekali peluang usaha yang menjanjikan, namun tidak semuanya cocok untuk dijalankan di desa.

Tentunya di desa tidak seramai di kota. Dengan segala keterbatasan yang ada, kita diharuskan kreatif dan mampu menciptakan peluang. Lalu bisnis apa yang dapat dikembangkan di desa?.

Berikut ini beberapa peluang bisnis di desa yang menjanjikan

Bertani atau berkebun

Salah satu kelebihan di desa adalah terdapatnya  lahan pertanian yang luas dan subur. Ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Mulailah dengan menanam padi, jagung, singkong, ubi, cabai, sayuran dan lain sebagainya.

Selain mudah, bertani atau berkebun juga tidak memerlukan modal yang besar. Hasil panennya juga cukup mudah untuk dijual. Biasanya sudah ada pengepul yang siap menampung hasil panen di desa untuk dijual ke kota.

Bertani atau berkebun merupakan ide bisnis yang paling cocok di jalankan di desa dan berpotensi bekembang. Asalkan tetap manjaga kualitas hasil panen. Sebagai contoh: Kamu bisa fokus ke pertanian organik. Karena saat ini segala hasil pertanian organik sangat diminati dan makin dicari.

Beternak kambing atau sapi

Usaha ternak di desa memiliki prospek yang baik dan berpotensi berkembang pesat. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia untuk kebutuhan pakan ternak. Yaitu dengan mengambil dedauanan hijau dan rumput yang tumbuh subur di lingkungan sekitar.

Hal ini menambah keuntungan tersendiri saat menjalankan usaha ternak. Usaha ternak lain yang menjanjikan seperti: ayam, bebek, ikan dan lain-lain.

Membuka toko kelontong

Membuka toko kelontong tidak perlu modal yang terlalu besar. Dapat memanfaatkan sebagian ruang dirumah untuk dijadikan toko. Barang dagangan yang dijual biasanya adalah kebutuhan rumah tangga, sembako, gas dan lain-lain. Kuncinya adalah menerapkan harga yang murah untuk menarik pembeli. Walaupun keuntungan yang didapat kecil, tapi nantinya akan banyak pembeli yang berdatangan dan menjadin pelanggan.

Jual pulsa, kuota internet dan listrik

Saat ini kebutuhan untuk komunikasi seluler sangat tinggi. Masyarakat membutuhkan pulsa dan kuota internet untuk tetap terhubung satu sama lain dan mengakses berbagai macam informasi di internet. Ini menjadi peluang yang menguntungkan untuk jual pulsa dan kuota internet. Kamu juga dapat menjual layanan lain seperti: tagihan listrik dan token listrik, tagihan air, top up e-wallet, jasa transfer antar bank, jual voucher game online.

Itu semua jenis layanan yang saat ini banyak dibutuhkan masyarakat. Bisnis ini juga dapat dikombinasi dengan toko kelontong sehingga dapat menambah keuntungan.

Beberapa contoh lain ide bisnis di desa antara lain:

  • Warung makan dan minuman
  • Kios sayur dan buah-buahan
  • Jualan keliling
  • Fotocopy dan cetak foto
  • Rental komputer atau warnet
  • Pengepul hasil pertanian
  • Toko bahan pertanian
  • Toko baju dan lain-lain
  • Bidan atau klinik
  • Apotek
  • Berbisnis online
  • Toko bangunan
  • Pertamini atau pom bensin mini
  • Penjahit
Dan masih banyak lagi, Itulah beberapa contoh peluang bisnis yang dapat dijalankan di desa. Walaupun di desa, namun tetap potensial untuk dikembangkan. Dan yang terpenting adalah telaten dan harus tahan banting.

kelebihan dan manfaat membuka bisnis di desa:

  1. Minim pesaing. Karena masih sedikit yang membuka usaha di desa. Sehingga peluang untuk berkembang semakin besar.
  2. Turut mendorong perekonomian desa. Dengan membuka bisnis di desa dapat meningkatkan ekonomi di pedesaan. Meningkatkan daya beli masyarakat.
  3. Banyak peluang bisnis yang dapat dijalankan dengan modal kecil.
  4. Dapat membuka lapangan kerja baru. 

Membuka usaha di desa masih sangat potensial dan memiliki prospek yang baik. Manfaatkan celah dan peluang yang ada untuk berkembang dan meraih kesuksesan. Jangan pernah takut untuk memulai, untuk meraih kesuksesan dibutuhkan kemauan dan tekad yang kuat.

Dan segala sesuatu membutuhkan proses. Dengan sabar dan tetap berinovasi maka untuk sukses dalam membuka usaha di desa adalah hal yang dapat terwujud. Demikian, semoga artikel ini dapat bermanfaat.