Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh iklan media cetak terbaru

contoh iklan media cetak

Iklan media cetak adalah salah satu bentuk iklan yang memanfaatkan media cetak sebagai media untuk menyampaikan informasi atau pesan iklan. Semua iklan yang berada di media yang melalui proses percetakan itu adalah iklan media cetak, contohnya : seperti koran, tabloid, majalah dan brosur.

Sebelum membahas contoh iklan media cetak, mari kita bahas dulu apa itu iklan. Iklan adalah suatu informasi yang berisi pesan untuk membujuk atau mengajak orang lain agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Tujuan iklan adalah : 

Iklan dibuat pasti memiliki tujuan, diantaranya adalah berikut :

  • Mengajak orang lain agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Menyampaikan informasi kepada orang banyak, agar infomasi yang disampaikan tersebar luas
  • Menjadi pengingat untuk khalayak ramai tentang informasi yang disampaikan

Iklan biasanya dipromosikan lewat berbagai macam media diantaranya :

  • Iklan media cetak
  • Iklan media elektronik : Iklan radio dan Iklan televisi 
  • Iklan media luar ruang : Baliho, Banner, Spanduk dam, lain-lain
  • Iklan digital

Ciri-ciri iklan media cetak

Iklan media cetak ini biasanya mengandalkan design grafik, seperti: bentuk huruf, tata letak, warna, dan gambar.

Ciri-ciri lain iklan media cetak antara lain :
  • Iklan media cetak hanya dapat ditangkap oleh indera pengelihatan saja.
  • Iklan media cetak biasanya menggunakan media kertas
  • Iklan media cetak menggunakan susunan kalimat baik pendek maupun panjang.

Contoh iklan media cetak terbaru

Berikut ini beberapa contoh iklan media cetak yang sering kita jumpai :
  • Iklan Baris
  • Iklan Penawaran
  • Iklan Produk
  • Iklan Jasa
  • Iklan Kolom
  • Iklan Layanan Masyarakat
  • Iklan Lowongan Kerja
  • Selebaran atau brosur
  • Iklan Pengumuman pengajian

Iklan Baris

Iklan baris biasanya ditemukan dalam koran dan majalah. Menilik sekilas sejarah iklan baris, iklan baris yang kita kenal saat ini pertama kali tercatat pada tahun 1704 ketika iklan surat kabar pertama yang ditempatkan di Boston News-Letter. Iklan baris pertama yang diterbitkan pada saat itu adalah bertujuan untuk mencari pembeli rumah di Oyster Bay, Long Island, Amerika Serikat.

Hingga saat ini, iklan baris masih sering kita jumpai, Iklan baris merupakan salah satu iklan yang memerlukan biaya lebih terjangkau dibandingkan iklan media cetak lain. Berikut ini adalah iklan baris yang biasanya sering kita jumpai dalam koran di Indonesia.

Di Indonesia, iklan ini biasanya sering dipakai oleh masyarakat umum untuk mengiklankan rumah, tanah maupun kendaraan. karena biayanya cukup terjangkau. Untuk membuat iklan baris ini cukup mudah yaitu hanya menghubungi pihak penerbit koran.

Contoh iklan baris

Iklan penawaran atau Niaga

Iklan penawaran merupakan salah satu contoh iklan media cetak yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa kepada masyarakat,biasanya juga terdapat penawaran lain dari produk yang dijual. Berupa diskon, beli sekian gratis satu buah produk, beli sekian gratis produk lain, dan sebagainya.

Jenis iklan ini biasanya ditemukan dalam koran, majalah, brosur, spanduk dan banner. Berikut ini contoh iklan penawaran.

contoh iklan penawaran

Iklan produk

Iklan produk merupakan salah satu jenis iklan yang berfokus pada tujuan untuk menarik masyarakat agar membeli produk yang di tawarkan. Iklan produk ini mempunya tagline, slogan atau kata-kata dan gambar produk yang menarik sehingga dapat membuat siapapun yang melihat tertarik dengan produk yang di iklankan.

Iklan produk ini mudah dijumpai dalam majalah, koran, atau banner.

Contoh iklan produk

Iklan jasa

Iklan jasa adalah iklan yang bertujuan untuk mengajak orang menggunakan jasa yang ditawarkan. Iklan ini biasanya lebih informatif karena mencakup beberapa hal seperti lokasi, kontak atau nomer telepon fasilitas, jam buka dan lain-lain.

Berikut ini salah satu contoh iklan jasa

contoh iklan jasa

Iklan kolom

Iklan kolom ini biasanya juga ada pada majalah atau koran, sama seperti iklan baris. Namun, yang membedakan iklan kolom dan iklan baris adalah iklan kolom tidak hanya terdiri dari tulisan, namun iklan kolom juga terdapat gambar atau. Iklan kolom juga dapat dipesan dalam area yang lebih luas, bahkan hingga satu halaman penuh.

Berikut ini salah satu contoh iklan kolom

contoh iklan kolom

Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk menyampaikan informasi penting atau himbauan kepada masyarakat. Salah satu contohnya adalah seperti gambar dibawah ini.

contoh iklan layanan masyarakat

Dari iklan tersebut, pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar melakukan upaya untuk stop pemanasan global. Iklan layanan masyarakat seperti ini biasanya mudah dijumpai di jalan raya.

Iklan lowongan pekerjaan

Iklan lowongan kerja adalah iklan yang dibuat oleh perusahaan atau perseorangan yang membutuhkan karyawan untuk bekerja di perusahaan mereka.

Iklan lowongan kerja ini biasanya memiliki informasi lengkap mengenai jenis pekerjaan yang dibutuhkan, syarat-syarat pelamar yang harus dipenuhi, dan alamat pengiriman lamaran pekerjaan.

Iklan ini biasanya mudah dijumpai dalam koran atau selebaran. Berikut ini contoh iklan lowongan pekerjaan

contoh iklan lowongan pekerjaan

Selebaran atau brosur

Jenis iklan ini biasanya tersebar di jalanan atau perkampungan. Biasanya adalah iklan dari dealer kendaraan bermotor yang sering kali menyebar brosur iklan mereka di jalanan. Seperti gambar dibawah ini 

selebaran atau brosur

Iklan pengumuman pengajian

Pengumuman pengajian dalam bentuk prosur juga termasuk dalam iklan media cetak. Karena bertujuan mengajak khalayak ramai untuk menghadiri acara yang akan di selenggarakan.

Iklan jenis ini biasanya mudah ditemukan di Masjid dan jalanan. Berikut ini contoh iklanj pengumuman pengajian.

iklan pengumuman pengajian

Itulah beberapa contoh iklan media cetak yang saat ini masih sering kita jumpai di lingkungan sekitar. Iklan yang baik adalah iklan yang mampu menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Iklan harus berisi informasi yang padat dan lengkap sehingga maksud dari pesan yang disampaikan dapat diterima oleh orang yang melihatnya.

Demikian artikel ini saya tulis, semoga dapat bermanfaat untuk pembaca.