Cara setting jam digital masjid wifi via android

Cara setting jam digital masjid wifi via android

Ada banyak cara untuk setting jam digital masjid, salah satunya adalah dengan memanfaatkan android. Jika kamu mencari di Google cara setting jam digital masjid, maka akan ada banyak sekali artikel yang membahas tentang ini.

Namun banyak artikel yang tersedia tidak sesuai dengan yang kamu cari. Perlu diperhatikan, setiap jam digital masjid memiliki cara setting yang berbeda. Ada jam digital yang sudah dilengkapi teknologi wifi, ada juga yang masih menggunakan tombol manual.

Di artikel ini, saya khusus membahas cara setting jam digital masjid wifi dengan android. Cara ini berdasarkan pengalaman saya pribadi. Biasanya produsen jam digital memiliki aplikasi tersendiri untuk pengaturan jam digitalnya. Namun dengan cara yang saya bagikan ini, kamu tidak perlu mendownload aplikasi apapun di playstore. Cukup menggunakan HP android saja.

Jam digital masjid dan jadwal sholat

Persiapan setting jam digital masjid

Untuk memulai proses penyettingan jam digital masjid, Hal-hal yang perlu disiapkan adalah berikut;

  • HP android
  • Password atau kata sandi Wifi untuk terhubung ke jaringan wifi jam digital masjid
  • Browser ( contohnya :  Google Chrome atau bisa juga menggunakan browser lain )

Password wifi dibutuhkan untuk akses masuk ke perangkat elektronik. Jika tidak tau passwordnya, maka tidak bisa untuk melakukan pengaturan. Kamu bisa menanyakan langsung ke penjual atau produsen jam digital. Biasanya saat pembelian sudah dilampirkan panduan dan password wifi nya.

Proses setting jam digital masjid

1. Pertama aktifkan wifi di HP android.

Maka akan muncul jaringan wifi jam digital, selanjutnya pilih jaringan wifi jam digital masjid. Lalu masukkan password wifi nya.

Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah tersambung, maka akan ada keterangan ” Tersambung, tidak ada internet “. Artinya HP android kamu sudah terhubung ke perangkat elektronik jam digital.

2. Salin alamat gateway atau gerbang pada jaringan wifi yang terhubung.

Untuk mengetahui alamat Gateway atau gerbang, cukup dengan klik jaringan wifi yang terhubung. Lalu scroll kebawah, disitu akan tertera alamat gateway. Alamat gateway digunakan untuk masuk ke mode setting jam digital masjid. Dengan cara berikut :

  1. Buka Google chrome
  2. Ketik atau paste kan alamat Gateway yang tadi sudah disalin ke dalam kotak penelusuran pada browser atau Google chrome.
  3. Maka akan otomatis terbuka halaman setting jam digital.

Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Cara setting jam digital masjid wifi

3. Setelah masuk ke halaman setting jam digital masjid, Hal selanjutnya adalah mulai men-setting bagian mana yang perlu di ubah. Berikut ini adalah tampilan dari halaman setting jam digital yang ada di masjid kami. Mungkin jam digital lain memiliki tampilan yang berbeda. 

Cara setting jam digital masjid

Jika tampilannya berbeda dari yang diatas ini, tidak apa-apa. meskipun tampilannya berbeda, umumnya menu settingnya hampir sama. Berikut ini beberapa hal yang perlu di setting pada jam digital masjid.

  • Pengaturan jam : Jam, menit dan detik
  • Pengaturan tanggal : tahun, bulan, tanggal dan hari
  • Pengaturan jadwal waktu sholat
  • Pengaturan Iqomah : Waktu jeda dari adzan sampai iqomah
  • Pengaturan running text
  • Pengaturan display : kecerahan, ukuran huruf pada running text, dan lain-lain.

Jam digital masjid dan jadwal sholat

Kurang lebihnya mungkin seperti itu, karena memang setiap jam digital masjid mempunyai fitur yang berbeda. Tidak apa-apa, kamu cukup otak-atik aja apa yang ada di halaman setting tersebut. Berdasarkan pengalaman saya, untuk setting jam digital masjid ini tidaklah sulit.

Semoga artikel Cara setting jam digital masjid ini bermanfaat. Selamat mencoba. Baca artikel lain di blog Mysatria. Terimakasih.