Cara dan tips jualan online di Lazada terbaru

Cara jualan online di lazada

Cara jualan online di Lazada – Lazada adalah situs e-commerce di asia tenggara. Bagi orang Indonesia tentu tidak asing lagi dengan Lazada. Di Lazada kamu bisa berbelanja maupun berjualan secara online. Untuk kamu yang ingin jualan di Lazada, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah-langkah berikut.

Syarat berjualan online di Lazada

Sebelum membahas cara jualan di lazada. Kita bahas dulu beberapa syarat untuk berjualan di Lazada. Di Lazada kamu bisa mendaftar untuk perorangan, perusahaan, distributor resmi dan Pemilik brand. Setiap kategori tersebut memiliki syarat yang berbeda,.

Berikut adalah syarat-syarat untuk jualan online di lazada yang saya ambil dari web Lazada.

syarat jualan di Lazada

Cara jualan online di Lazada

Untuk berjualan di Lazada sangatlah mudah, kamu dapat mengikuti 3 langkah mudah mendaftar sebagai penjual di Lazada berikut ini.

1. Melakukan pendaftaran di Wesite Lazada

Yang pertama dilakukan adalah mendaftar. Silahkan kunjungi link berikut ini : https://sellercenter.lazada.co.id/apps/register/landing

Setelah halaman pendaftaran penjual di Lazada terbuka, silahkan pilih salah satu pilihan yang tersedia di Lazada.

cara jualan di lazada

Terlihat ada beberapa pilihan untuk mendaftar sebagai penjual di Lazada. Silahkan pilih salah satu. kamu ingin berjualan sebagai lazmall, seller lokal, atau LazGlobal. Setiap kategori penjual memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Silahkan lihat syarat-syarat yang sudah saya cantumkan diatas.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisikan data formulir yang tersedia. Siapkan beberapa dokumen pendukung untuk mendaftar Lazada, diantaranya adalah :

  • Scan KTP atau Surat Izin Bisnis.
  • Scan rekening, kamu bisa menggunakan buku tabungan yang diterbitkan oleh Bank.
  • Jika sudah mengisi data, baca syarat dan ketentuan layanan Lazada. Lalu lanjut ke tahap berikutnya

2. Mengisi Tanda Tangan Kontrak

Langkah selanjutnya untuk mendaftar sebagai penjual di Lazada adalah tanda tangan kontrak. kamu akan diberi dokumen yang berisi beberapa poin-poin kesepakatan antara Lazada dengan calon penjual.

kamu harus perhatikan beberapa poin-poin tersebut dengan seksama, agar nantinya tidak sampai membuat kamu merasa dirugikan di kemudian hari.

Setelah menanda tangani dokumen perjanjian tersebut. kamu akan diminta untuk mengunggah kembali dokumen yang sudah kamu tanda tangani tadi.

3. Upload foto produk jualan kamu

Setelah selesai mendaftar, selanjutnya adalah mengupload semua foto produk jualan kamu, agar nantinya produk kamu dapat dilihat oleh pembeli sehingga produk jualan kamu dapat terjual.

Tips foto produk agar terlihat menarik

  • Ambil foto produk dengan angle yang tepat
  • Ambil foto dengan pencahayaan yang tepat. sehingga foto produk terlihat jelas
  • Edit foto jika diperlukan. Misalnya menambahkan watermark toko atau melakukan cropping
  • Gunakan background foto polos atau putih

Untuk mengupload foto produk di Lazada, Kunjungi situs seller center Lazada, lalu masuk menggunakan alamat email dan password yang telah kamu buat di awal.

  • Upload foto produk sesuai dengan kategori produk yang telah ditentukan oleh Lazada.
  • Lengkapi foto produk dengan deskripsi, harga, dan informasi lain yang berkaitan dengan produk.
  • Ulangi langkah sebelumnya sampai semua produk kamu telah selesai di upload.

Mulai Berjualan di Lazada

Setelah toko kamu berhasil dibuat, selanjutnya adalah menunggu pembeli datang. Biasanya setelah membuka toko tidak langsung mendapatkan pembeli. kamu dapat mencoba mempromosikan produk jualan kamu di media sosial. 

Dengan cara mencantumkan link toko kamu di Lazada agar nantinya orang yang tertarik dengan produk jualan kamu, mereka bisa melakukan pembelian di Lazada.

Terima dan proses orderan pertama di Lazada

Hal paling menyenangkan dalam berjualan online adalah mendapat orderan. Saat-saat seperti inilah yang kita tunggu dan harapkan. Ketika kamu mendapatkan pesanan pertama dari pembeli, segera siapkan barang yang dibeli dan segera kirim menggunakan jasa pengiriman atau ekspedisi yang telah dipilih oleh pembeli.

Sebelum kirim pesanan pertama pembeli, pastikan cek kondisi produk yang akan dikirim. Cek kualitas dan kuantitas produknya. Hal ini penting karena, untuk menghindari komplain dari pembeli. Orderan pertama itu penting karena, itulah hal pertama yang menentukan rating atau kepuasan pembeli di toko kamu. 

Jika pembeli pertama puas, maka dia akan memberikan rating atau ulasan yang baik untuk toko kamu. Rating berguna untuk membantu pembeli dalam mencari informasi produk dan menentukan keputusan pembelian, sehingga menarik lebih banyak calon pelanggan ke toko kamu.

Pastikan selalu jual produk yang berkualitas dan sesuai dengan deskripsi produk yang ada di toko kamu. Jangan sampai kamu mengirimkan produk yang berbeda karena akan membuat konsumen merasa tertipu.

Tips berjualan di Lazada agar laris

Agar toko kamu laris, dan mendapatkan banyak orderan. Tidak ada salahnya kamu membaca beberapa tips dibawah ini :

1.Mengisi deskripsi produk dan foto yang menarik

Foto produk itu penting dan sangat menentukan impresi pertama calon pembeli. Jika foto terlihat menarik, calon pembeli akan lanjut membaca deskripsi produk dan membelinya. Jadi, kamu harus menyiapkan foto produk yang jelas dan juga menarik. 

Foto produk dari berbagai sisi dan tampilkan detailnya. Dan berikan keterangan untuk memperjelas foto. Pastikan juga untuk memberikan deskripsi produk yang jelas dan sesuai dengan kondisi produk yang kamu jual.

2. Berikan promo yang menarik

Semua orang suka promo. kamu dapat memberikan promo diskon atau cashback untuk menarik pembeli. kamu bisa memberikan potongan harga untuk produk tertentu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan promo seperti beli 1 gratis 1, dan lain sebagainya.

Untuk mengatur promo kamu dapat melakukannya di halaman seller center Lazada.

3. Berikan respon dan layanan terbaik

Rating atau ulasan adalah hal yang sangat penting selain foto produk dan promo. Calon pembeli akan menilai kualitas suatu produk dari ulasan atau rating pembeli sebelumnya. Jika ulasan atau  rating produk kamu baik, calon pembeli akan lebih yakin untuk membeli produk yang ada di toko kamu.

Pastikan merespon calon pembeli dengan cepat. Jika ada yang bertanya melalui chat, langsung dibalas dengan cepat dan informatif.

4. Beriklan

Salah satu tips yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan di toko kamu adalah beriklan. Dengan beriklan, kamu dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli agar melihat produk yang kamu jual. Kamu dapat mengilankan produk kamu di Lazada dan beberapa channel seperti media sosial, google, atau kamu dapat menggunakan jasa endorse dari selebgram.

Beriklan memerlukan biaya, jika iklan kamu tepat sasaran dan menarik. Maka hasil yang kamu dapat justru akan melebih dari biaya iklan yang telah kamu keluarkan. Pastikan untuk mengiklankan produk terlaris dan mempunya rating yang bagus di toko kamu.

Itulah sedikit informasi mengenai Cara jualan di Lazada dan beserta tips agar jualan kamu laris manis. Semoga dapat membantu untuk teman-teman pembaca semua. Baca artikel lain di blog ini. Terimakasih.