Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara jualan di facebook yang efektif

Cara jualan di Facebook yang efektif

Cara jualan di fb - Berjualan online bisa menggunakan berbagai cara dan dengan platform apapun. Salah satunya menggunakan akun facebook pribadi untuk berjualan. Banyak yang memanfaatkan facebook untuk berjualan, kebanyakan adalah ibu rumah tangga yang ingin cari penghasilan tambahan. Namun hal ini sering kali menimbulkan pro dan kontra. karena awal mula diciptakannya Facebook adalah sebagai media untuk bersosialisasi secara online.

Terkadang hal ini sangat menjengkelkan, karena kebanyakan yang berjualan di facebook mempromosikan dagangan mereka secara brutal atau spam. Akibatnya beranda facebook dipenuhi berbagai macam promosi layaknya sebuah pasar yang semrawut dan cukup mengganggu. Padahal di Facebook ada fitur Facebook Page, grup dan marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan.

Cara jualan online di facebook yang baik dan efektif

Facebook merupakan media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Ini menjadikan peluang yang sangat bagus untuk sarana mempromosikan produk. Namun tidak dengan cara spam dan mengganggu. Jika kamu ingin berjualan di Facebook, ada baiknya kamu membaca beberapa tips dan cara jualan online di Facebook berikut ini agar lebih efisien dan lebih elegan dalam mencari pelanggan.

Sebelum memulai mempromosikan produk, pahami dulu mindset jualan yang baik. Dan pikirkan strategi pemasaran yang baik sehingga dapat  menarik minat pelanggan. Perlu di ingat bahwa facebook adalah media sosial. Disini tempat untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Orang cenderung akan merasa tidak nyaman apabila terdapat banyak iklan yang mengganggu.

Membangun personal branding

Kita harus kreatif dan pintar dalam membuat strategi pemasaran yang efektif. Kamu dapat memulai membangun personal branding di Facebook. Personal branding yang baik adalah yang dapat menjelaskan siapa kamu, apa yang kamu lakukan dan produk apa yang kamu jual. Yang dapat membuat orang penasaran atau kepo dengan profil kamu, sehingga dapat mendatangkan pelanggan dengan sendirinya.

Membangun personal branding

Sebagai contoh, jika kamu seorang penjual kue. Kamu dapat memberikan update dalam akun facebook tentang cara membuat kue, tips-tips membuat kue yang enak. Atau bahkan update tentang kehidupan kamu sebagai seorang penjual kue. Dan berbagai hal positif lain, sesekali kamu dapat mempromosikan produk yang kamu jual.

Dengan cara ini, teman-teman facebook kamu akan lebih nyaman berinteraksi dengan kamu. Secara tidak langsung, mereka akan mengenal kamu sebagai seorang penjual. Jika suatu saat mereka tertarik dan membutuhkan produk yang kamu jual, mereka akan dengan sendirinya stalking atau mencari akun kamu untuk membeli produk yang kamu jual.

Update status

Mendatangkan pembeli secara gratis tanpa harus beriklan di Facebook, salah satunya adalah dengan update status. Cara ini banyak dilakukan orang untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Namun sayangnya, banyak diantara mereka yang update status promosi secara bertubi-tubi atau spam. Bukannya dapat pembeli, malah membuat risih dan tidak nyaman.

Sebaiknya jangan terlalu sering update status promosi, cobalah untuk update status yang normal layaknya seorang makhluk sosial yang ingin berinteraksi dengan teman-teman facebook kamu.

Sesekali sharing hal-hal yang positif, membahas suatu topik tertentu akan membuat orang merasa nyaman berinteraksi dengan kamu di media sosial facebook. Dengan cara seperti itu, akan meningkatkan engagement akun dan postingan kamu. Dan akan mendatangkan pembeli dengan sendirinya.

Menambahkan teman yang tertarget

Promosi dengan cara update status memiliki jangkauan yang terbatas. Karena maksimal pertemanan dalam facebook adalah hanya 5000 teman. Dan ketika kamu posting sesuatu, tidak semuanya dapat melihat postingan kamu. Maka dari itu, kamu perlu menambahkan teman yang tertarget.

Add friend orang yang kemungkinan besar tertarik dengan produk kamu. Misalnya jika kamu menjual perabotan dapur, sebaiknya berteman dengan ibu rumah tangga. Apalagi disertai promo dan diskon ketika menawarkan produk. Sehingga peluang untuk menjual produk semakin mudah.

Bangun interaksi dengan audience atau teman facebook

Hal terpenting dalam jualan menggunakan akun personal di facebook adalah interaksi. Perlu diketahui bahwa algoritma Facebook mengutamakan konten yang memiliki tingkat interaksi yang tinggi seperti like, komentar dan share. Algoritma Facebook menghitung seberapa aktif kamu dalam berinteraksi dengan teman facebook. Semakin tinggi interaksi, maka postingan kamu akan semakin naik dan lebih banyak teman yang melihat postingan kamu.

Membangun interaksi sosial

Maka dari itu, sangat penting untuk memposting hal yang dapat mengundang interaksi. Kamu harus kreatif dalam update status. Dan juga sering-seringlah menanggapi update status teman kamu walau hanya sekedar basa basi saja. Hal ini penting untuk menaikkan engagement facebook.

Jaga etika di media sosial

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa media sosial facebook adalah tempat untuk bersosialisasi. Yang artinya berhubungan dengan banyak orang diluar sana. Orang yang tidak kamu kenal pun dapat melihat postingan kamu. Sebaiknya jangan pernah memposting hal yang dapat menyinggung perasaan orang. Postinglah hal yang baik-baik saja. Yang dapat diterima oleh semua orang.

Dalam hal promosi juga jangan terlalu sering, dan jangan sembarangan tag atau menandai orang dalam update status. Karena itu bisa sangat mengganggu orang lain. Tetap menjaga etika yang baik dalam media sosial.

Promosi di Facebook Group

Tidak hanya menggunakan akun pribadi untuk berpromosi, kamu juga dapat memanfaatkan group facebook untuk meningkatkan penjualan produk kamu. Facebook group adalah tempat yang sangat potensial untuk berpromosi. Disini tempatnya orang-orang yang memiliki minat dan ketertarikan terhadap suatu topik. Seperti grup jual beli, grup diskusi dan lain-lain.

Kamu dapat memulai join di group jual beli dan group yang sesuai target market produk kamu. Setelah bergabung, kamu dapat memulai berpromosi disana. Tentunya dengan tetap menjaga etika. Pastikan selalu mentaati peraturan dan tata tertib group.

Promosi di marketplace Facebook

Facebook meluncurkan fitur marketplace. Fitur ini adalah tempat untuk menjual barang di Facebook. Semua pengguna Facebook dapat menjual produknya disini. Facebook marketplace sangat disukai oleh para penjual online, karena mudah, gratis dan dapat menjangkau lebih banyak audience.

sayangnya, tidak semua produk dapat dipromosikan disini. Ada beberapa produk yang tidak boleh atau facebook melarang untuk menjual produk tertentu. Jika kamu nekat untuk mempromosikan produk yang dilarang oleh facebook, maka iklan kamu akan otomatis di hapus bahkan akun kamu juga dapat dibanned oleh pihak Facebook.

Kesimpulan

Facebook dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan  produk dengan mudah, gratis dan efektif. Itulah beberapa cara dan tips jualan di facebook yang efektif dan efisien. Pada akhirnya, semua tergantung kemauan dan kreatifitas masing-masing. Jualan di facebook itu mudah namun sangat banyak saingannya. Kamu harus kreatif dan berinovasi untuk mempromosikan produk kamu.

Semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi referensi kamu dalam jualan di facebook. Baca artikel lain di blog ini. Terimakasih sudah membaca, bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat untuk orang lain. semoga sukses.